Home > Berita > Siak

Setahun Zakat Mencapai Rp11 Miliar, Bukti Masyarakat Siak Percaya Baznas

Setahun Zakat Mencapai Rp11 Miliar, Bukti Masyarakat Siak Percaya Baznas

Bupati Siak Syamsuar memakaikan Tanjak ke Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI Prof. Dr H. Muhammadiah Amin M. Ag, usai menutup Rakorda Baznas 2017.

Sabtu, 09 Desember 2017 22:39 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Bupati Siak, Syamsuar, resmi menutup Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se-Provinsi Riau 2017 yang dilaksankan di Kabupaten Siak, Sabtu (9/12/2017). Dalam sambutannya, Syamsuar mengucapkan banyak terimakasih kepada Baznas provinsi maupun kabupaten se Provinsi Riau yang telah memoercayakan Kabupaten Siak sebagai tuan rumah Rakorda Baznas 2017.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar juga mengakui bahwa kebangkitan zakat merupakan hal yang sangat penting diperhatikan oleh setiap pengurus Baznas. Selain itu, yang tak kalah pentingnya peran pemerintah dalam mensupport dan turut andil dalam mensosialisasikan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya zakat bagi muslim yang telah mencapai nisab, untuk membayarkan zakat mereka ke Baznas.

"Memang hal ini tidaklah mudah, karena menyadarkan umat memanglah sulit. Walau demikian kita tidak perlu merasa bosan untuk mengingatkan mereka,"ujar Syamsuar.

Terkait hal membangkitkan dan mengembangkan zakat di Kabupaten Siak jelas Syamsuar, ia bersama Wabup Alfedri dan para Ustadz telah berupaya dalam meningkatkan pengumpulan zakat.

"Kita bersama para Ustadz dan Dai telah gencar-gencarnya mensosialisasikan zakat mulai dari kalangan ASN hingga masyarakat di kampung- kampung,"jelas Syamsuar.

Maka berkat kerja keras itu, zakat di Kabupatan Siak meningkat. Bahkan saat ini telah mencapai Rp 11 Milyar dalam setahun.

"Hal ini juga menunjukan bahwa masyarakat Siak mulai sadar dan menanamkan kepercayaan mereka untuk membayar zakatnya di Baznas,"ungkap Syamsuar.

Untuk itu Syamsuar juga berharap kepada komisioner dan pengurus Baznas kabupaten kota yang mengikuti Rakorda, agar bekerja dengan maksimal dan bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah maupun instansi terkait, agar zakat di Provinsi Riau secara keseluruhan bisa bangkit dan berkembang sesuai target Baznas pusat.

Saat menutup Rakorda tersebut juga dihadiri Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI Prof. Dr H. Muhammadiah Amin M. Ag, Ketua Baznas Provinsi Riau H. Yurnal Edward M. Si, Kakan Kemenag Siak Drs. H. Muharom serta Ketua Baznas Kabupaten Siak H. A. Rasyid Suharto. ***

wwwwww