Bupati Inhil Lantik 8 Kepala Desa di Kecamatan Pulau Burung

Kamis, 07 Desember 2017 07:23 WIB
Advertorial
bupati-inhil-lantik-8-kepala-desa-di-kecamatan-pulau-burungBupati Inhil HM Wardan saat melantik 8 kepala desa di Kecamatan Pulau Burung
PULAU BURUNG, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan, resmi melantik 8 kepala desa (kades) di Kecamatan Pulau Burung, Rabu (6/12/2017). Kegiatan pelantikan dan pengukuhan 8 kepala desa ini dipusatkan di Desa Ringin Jaya, Kecamatan Pulau Burung. Delapan kepala desa yang dilantik, yakni, Kades Teluk Nibung, Sucipto, Kades Bukit Sari Intan Jaya, Sujoko, Kades Manunggal Jaya, Sulistiawan, Kades Bangun Harjo Jaya, M Saerozi, Kades Ringin Jaya, Atim Khoirul Anam, Kades Sapta Jaya, Budi Santosa, Kades Keramat Jaya, Sabar dan Kades Suka Jaya, Riyanto.

Dikatakan bupati, tugas mulia yang diemban oleh para kepala desa adalah sebuah tanggung jawab yang dipercayakan masyarakat pada masing-masing desa yang dipimpin.

”Laksanakan tugas mulia ini dengan penuh keikhlasan. Kedepan pasca pelantikan, akan ada banyak sekali tugas yang menunggu saudara, mulai dari tugas pelayanan publik, tugas pemberdayaan masyarakat, serta tugas pembangunan,” sebut orang nomor satu di Kabupaten Inhil itu.

Berkaitan dengan tugas pembangunan, Pemerintah Kabupaten Inhil sejak akhir tahun 2013 hingga saat ini, disampaikan Bupati Wardan, tengah berfokus dengan pembangunan infrastruktur di kawasan pedesaan, yakni melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ).

Kepada 8 Kepala Desa Kecamatan Pulau Burung terpilih yang baru dilantik, Bupati Wardan mengimbau, untuk dapat menjalin sinergitas dalam rangka merealisasikan ”Visi Spirit Baru Indragiri Hilir Menuju Kabupaten Maju, Bermarwah dan Bermartabat” melalui implementasi program DMIJ.

”Pimpinan daerah, seperti halnya kepala desa, diibaratkan seperti aquarium, mata tertuju ke aquarium dari berbagai sudut. Artinya apa?, banyak pihak yang menyoroti pelaksanan tugas, pelaksanaan kegiatan pembangunan. kita selalu diawasi,” ucapnya.

Apabila kita mampu melaksanakan tugas dengan baik, dikatakan Wardan, maka apresiasi dari berbagai pihak akan diperoleh.

”Pahami dan pelajari sehingga kita mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan berakhir dengan apresiasi dari berbagai pihak yang mengawasi kinerja kita tadi,” tambahnya lagi.

Dalam laporan yang disampaikan, Camat Pulau Burung, M Yusuf mengatakan, pemilihan kepala desa serentak di 8 desa, Kecamatan Pulau Burung yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2017 lalu, berjalan dengan damai, lancar dan berakhir sukses.

”Kesuksesan pilkades yang dicapai adalah berkat pemahaman masyarakat desa Kecamatan Pulau Burung dan pembelajaran politik dalam berdemokrasi. Ini menandakan pilkades yang semakin matang,” ujar Yusuf.

Dalam laporannya, Yusuf menyampaikan, realisasi pembangunan pekerjaan fisik Kecamatan Pulau Burung pada tahun anggaran 2017 mencapai angka 100 persen. Sementara, Yusuf mengungkapkan, terdapat 60 persen serapan keuangan.

”Alhamdulillah, dalam kegiatan yang dilaksanakan tidak terjadi hambatan berarti. Alat berat yang diperbantukan Pemkab Inhil telah beroperasi. Beberapa kilometer tanggul mekanis telah berhasil dibangun,” ungkapnya.

Keberhasilan pembangunan, menurut penuturan Yusuf telah berhasil diraih. Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta dan kontribusi nyata berupa pendampingan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil dan para pendamping yang disediakan di setiap desa.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut, yakni Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yulizal, Kepala Dinas Sosial, Saifuddin, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Masdar serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww