Home > Berita > Umum

Kemenristekdikti Siapkan 500 Beasiswa Program Pascasarjana

Kemenristekdikti Siapkan 500 Beasiswa Program Pascasarjana

Ilustrasi.

Senin, 04 Desember 2017 08:48 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kesempatan baik bagi yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang pascasarjana. Ada 500 beasiswa yang disediakan Kemenristekdikti melalui Program Magister Doktor dari Sarjana Unggul (PMDSU), untuk tahun 2018. Jika dilihat dari tahun sebelumnya, jumlah ini jauh meningkat karena Jumlah ini jauh meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2017, jumlah beasiswa yang tersedia sebanyak 250 mahasiswa. Program yang dimulai tahun 2013 hanya menyediakan untuk 57 orang. Lalu 2015 meningkat menjadi 296.

"Mahasiswa yang daftar makin banyak karena program ini ternyata berhasil menghasilkan doktor-doktor muda dan bisa mencetak jurnal yang cukup banyak. Satu hal lagi, PMSDU bisa menghemat anggaran tiga kali lipat," kata Prof Ali Ghufrom Mukti, Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti, Ahad (3/12/2017).

Dia menyebutkan, hingga saat ini sudah 13 doktoral yang dihasilkan dari PMDSU. Rata-rata usianya 25 sampai 26 tahun, di mana masing-masing bisa mempublikasikan lima sampai tujuh jurnal dalam setahun.

"Ini jauh beda dengan para guru besar maupun profesor yang diminta membuat satu dalam setahun saja keberatakan," ucapnya dilansir potretnews.com dari riaupos.co. Dia menambahkan, PMDSU sangat potensial, ibaratnya beli satu dapat dua. Sebelum ada PMDSU, pemerintah harus mengeluarkan anggaran Rp1 miliar untuk beasiswa S3 di luar negeri bagi satu mahasiswa.

Sedangkan dengan program ini, satu mahasiswa hanya butuh Rp250 juta sampai Rp300 juta. "Kalau dibandingkan lulusan doktor luar negeri dan PMDSU setara. Karena pesertanya (PMDSU) berasal dari sarjana unggul. Terobosan ini sangat baik untuk menuju Indonesia emas," terangnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pemerintahan
wwwwww