Home > Berita > Siak

Pertama di Riau, Pemkab Siak MoU dengan 3 BLK di Bawah Kemnaker

Kamis, 23 November 2017 22:21 WIB
Sahril Ramadana
pertama-di-riau-pemkab-siak-mou-dengan-3-blk-di-bawah-kemnakerBupati Siak Syamsuar.
SIAK, POTRETNEWS.com  - Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak terhadap Tenaga Kerja (Naker) lokal, Bupati Siak Syamsuar, bertolak ke Semarang, Kamis (23/11/107), untuk menandatangani MoU dengan tiga Balai Latihan Kerja (BLK) di bawah Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker). Kerja sama ini, kata Syamsuar, untuk meningkat daya saing tenaga kerja lokal sehingga nantinya mereka tersertifikasi sesuai dengan bidang masing-masing.

"Ini bentuk peduli kita terhadap tenaga kerja lokal. Kerja sama dengan tiga BLK di bawah Kemnaker ini menguntungkan tenaga kerja kita sehingga nantinya tersertifikasi," kata Syamsuar saat jumpa pers di Siak.

Kerja sama dengan BLK ini, jelas Syamsuar, juga upaya Pemkab Siak dalam menyambut daerah ini sebagai kawasan industri. "Nantinya tidak ada alasan bagi perusahaan yang ada di Siak untuk tidak menerima tenaga kerja lokal karena tenaga kerja kita sudah tersertifikasi," ungkap Syamsuar.

Terobosan baru dari Pemkab Siak ini, di Riau baru pertama sekali terjadi. Saat ini, sudah tercatat sebanyak 16 tenaga kerja asal Siak yang sudah dikirim ke BLK di bawah Kemnaker di Bandung. Sementara BLK yang ada di Riau belum punya fasilitas memberi sertifikat lantaran tidak di bawah Kemnaker RI.

"Sedangkan untuk tenaga kerja lokal di perusahaan, tahap awal ini kita melibatkan Bumi Siak Pasako (BSP," beber Syamsuar.

Mudah-mudahan, doa Syamsuar, dengan kerja sama dengan tiga BLK, di antaranya BLK Bandung, dan BLK Bekasi, akan mengangkat harkat martabat tenaga kerja lokal Siak. Tentunya hal ini juga salah satu upaya pemerintah dalam mengetas angka pengangguran. ***

wwwwww