Home > Berita > Rohul

Ulah Tangan Tak Bertanggung Jawab Membuat Bunga Bangkai di Rokan Hulu, Mati sebelum Berkembang

Ulah Tangan Tak Bertanggung Jawab Membuat Bunga Bangkai di Rokan Hulu, Mati sebelum Berkembang

Bunga bangkai di Riau. (foto: liputan6.com)

Kamis, 09 November 2017 10:05 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ulah tangan tak bertanggung jawab membuat bunga bangkai yang tumbuh di Desa Koto Intan, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, mati sebelum berkembang. Pasalnya, bunga yang tergolong langka itu ‎sudah ditemukan tumbang dengan bekas tebasan. Balai Besar Konservasi Daya Alam (BBKSDA) Riau menyayangkan peristiwa ini. Apalagi, jika bunga tersebut merupakan jenis Amorphophallus titanum (suweg raksasa/ batang krebuit) yang tergolong langka dan dilindungi.

"Sangat disayangkan jika bunga itu masuk Titanium, ini langka dan jarang ditemukan," kata Humas BBKSDA Riau Dian Indriarti saat dihubungi wartawan di Pekanbaru, Selasa (7/11/2017) petang, dilansir potretnews.com dari liputan6.com.

Hanya saja, Dian belum mengetahui jenis bunga bangkai apa yang tumbuh di desa tersebut. Dia menyebut ada kemungkinan bunga itu jenis Amorphophallus gigas yang dalam beberapa bulan belakangan banyak tumbuh di Riau.

Menurut Dian, bunga bangkai jenis ini, tidak boleh rusak meski sering ditemukan. Apalagi, keberadaannya hampir sama dengan jenis titanium yang sudah mulai langka dan harus dijaga.

"Kalau tumbuh di kawasan konservasi seperti yang tumbuh di Kampar kemarin, apa pun yang ada di sana tidak boleh dirusak," terang Dian. ***

Editor:
Jaka Abdillah

Kategori : Rohul, Riau, Umum, Peristiwa
wwwwww