Home > Berita > Riau

Warga Pangkalankasai Indragiri Hulu Pertanyakan Plasma PT Arvena

Warga Pangkalankasai Indragiri Hulu Pertanyakan Plasma PT Arvena

Ilustrasi.

Minggu, 22 Oktober 2017 16:37 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Sekelompok masyarakat Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau mempertanyakan soal lahan plasma PT Arvena Sepakat yang menjadi hak mereka. Salah satu warga yang mempertanyakan soal lahan plasma tersebut, yakni Jamri Tumanggor yang juga merupakan ketua Koperasi KUD Tani Rahmat Usaha Pangkalankasai.

Kata Jamri mereka mengantongi bukti surat yang dikeluarkan pada tahun 2004 yang menyebutkan soal pembagian hak atas plasma kebun PT Arvena Sepakat kepada masyarakat empat desa, dan salah satunya adalah Kelurahan Pangkalankasai.

"Tahun 2004 katanya mau dikeluarkan plasma untuk masyarakat setempat seluas 2000 hektar untuk empat desa, yakni Pangkalankasai, Beligan, Kelesa, dan Siambul," kata Jamri, akhir pekan lalu.

Hingga kini belum ada lahan plasma tersebut diberikan kepada masyarakat Pangkalankasai. "Katanya dibatalkan, tapi pembatalannya dengan Raja Mardan selaku Lurah Pangkalankasai waktu itu, tidak dengan masyarakat. Sementara masyarakat mengusulkan plasma dan kami tidak tahu rundingannya seperti apa," ujar Jamri, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Oleh karena itu, mereka berencana akan membawa permasalahan ini ke Pemerintah Kabupaten Inhu. Mereka berharap agar hak mereka diberikan oleh perusahaan. ***

Editor:
Jaka Abdillah

Kategori : Riau, Inhu, Umum
wwwwww