Home > Berita > Siak

Giat Promosi Wisata Melalui Jejaring Sosial, Pemilik Akun Instagram Exploresiak Terima Penghargaan dari Pemda

Giat Promosi Wisata Melalui Jejaring Sosial, Pemilik Akun Instagram Exploresiak Terima Penghargaan dari Pemda

Bupati Siak Syamsuar menyerahkan penghargaan kepada exploresiak yang diwakili oleh Yudha Suyudana pada peringatan HUT ke-18 Kabupaten Siak.

Minggu, 15 Oktober 2017 16:59 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Musrahmad, yang biasa di panggil Igun, Februari lalu membuat akun Instagram tentang wisata di Kabupaten Siak, Riau. Exploresiak, itulah nama akunnya, yang belakgangan ini sudah cukup dikenal orang banyak. Tujuan membuat akun Exploresiak ini, untuk mengeksplorasi segala potensi yang ada di Siak baik budaya, sejarah, alam dan masyarakatnya. Salah satu fokus Exploresiak, yakni mempromosikan pariwisata dan ikut mendukung pengembangan potensi pariwisata baru di sini.

"Exploresiak ada karena kesadaran kita bahwa promosi pariwisata yang paling efektif dan murah melalui media digital. Promosi secara digital 4 kali lipat lebih efektif dari pada promosi konvensional," imbuhnya, belum lama ini.

Saat ini perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi terus meningkat membuat jumlah pengguna internet semakin tinggi. Bahkan sebut Igun, di dunia pengguna jejaring sosial ini paling tinggi dan meningkat setiap tahunnya, tak terkecuali di Indonesia. Selain facebook, twitter, youtube, path, line, dan BBM yang menjadi media sosial favorit masyarakat Indonesia, instagram juga termasuk yang paling tinggi penggunanya di negara ini.

Menurut pria kelahiran 1981 itu, dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, instagram menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis dalam mempromosikan bisnisnya.

"Biasanya, sebelum berkunjung ke suatu destinasi wisata, sebagian besar wisatawan pasti lebih dahulu browsing di internet, untuk mencari informasi tentang daerah yang bakal dikunjungi, baik itu info soal harga dan fasilitas hotel, restauran, obyek wisata, seni budaya, kuliner, serta tentu saja faktor keamanannya,"terang ayah dua anak ini.

Fenomena ini lanjut dia, tentu harus bisa ditangkap oleh para pengelola travel agent dan pengelola jasa wisata lainnya, agar dalam mengisi konten website-nya sekaligus juga menyertakan review-review dari para tamu atau wisatawan yang pernah menggunakan jasanya.

Setelah berjalan akun ini, Igun pun mengajak anak-anak muda lainnya untuk bergabung ke dalam exploresiak. Telah banyak objek-objek wisata yang mereka unggah, dan saat ini pengikut akun exploresiak sudah mencapai 17.500 orang. Bahkan,saat ini mereka sedang menyiapkan website yang bisa menjelaskan segala sesuatu tentang Siak lebih rinci dan lengkap.

"Kita berharap, Siak harus menjadi kota tujuan pariwisata utama di Riau, dan itu bisa terwujud, salah satunya jika pemerintah dan komunitas bisa bersinergi, jika pemerintah bisa lebih memberi ruang gerak untuk anak mudanya, serta percaya anak mudanya memiliki kemampuan, sehingga anak mudanya juga percaya diri untuk berbuat lebih banyak lagi," ungkapnya.

Begitupula yang diungkapkan Yudha Suyudana, salah seorang anggota exploressiak. Ia mengatakan, pengalaman menarik yang membuat ia senang karena bisa menemani wisatawan ke Siak. Apalagi para wisatawan senang dengan Siak.

Selain itu punya banyak kawan baru, yang jarang datang ke Siak. Sementara yang bikin capek sebut Yudha, yakni menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah dijelaskan di awal, kemudian ada follower menanyakan hal yang tidak berhubungan dengan Siak, selagi masih bisa dijawab maka akan di jawab.

"Kita menawarkan, wisatawan yang ingin berkunjung ke Siak, akan kami antar menyusuri kota Siak secara gratis. Seperti sebelumnya, rombongan anak-anak sekolah dari Pekanbaru, mahasiswa serta ikatan wanita Bank (IWABA) Pekanbaru, kami ajak mereka berkeliling," ungkap Yudha.

Yudha menambahkan, pada umumnya wisatawan yang mereka bawa mengaku cukup puas dengan pelayanan kami, dan juga senang selama berada di Siak, suka dengan kulinernya, menikmati setiap sudut kota Siak yang tanpa sampah hingga keramahan masyarakat Siak.

Apa yang mereka lakukan untuk memajukan pariwisata Kabupaten Siak, mendapat apresiasi dari Bupati Siak Syamsuar. Pada puncak peringatan hari jadi kabupaten Siak ke-18 kemarin, Yudha mewakili Exploressiak menerima penghargaan dari Bupati Siak sebagai pelopor promosi wisata melalui media sosial.

"Saya bangga memiliki anak-anak muda yang kreatif seperti mereka, jadi wajar kalau Pemkab Siak memberikan penghargaan," ujar Syamsuar, usai upacara HUT Kabupaten Siak.

Menurut Syamsuar, pengembangan wisata di Siak tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi harus melibatkan banyak pihak. "Karena itu, kami tak henti-henti berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang secara intens mendukung pengembangan kepariwisataan melalui berbagai kegiatan yang digelar di Siak, promosi diluar daerah bahkan keluar negeri," pungkas Syamsuar. ***

wwwwww