Home > Berita > Rohil

Setelah Kantor Bupatinya yang Mirip Capitol Hill Amerika Serikat, Kini Gedung Satpol PP Damkar Rokan Hilir Juga yang Termegah di Indonesia

Setelah Kantor Bupatinya yang Mirip Capitol Hill Amerika Serikat, Kini Gedung Satpol PP Damkar Rokan Hilir Juga yang Termegah di Indonesia

Gedung eks kampus IPDN yang akan menjadi pusat pelatihan Satpol PP Nasional.

Rabu, 11 Oktober 2017 22:17 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Walau hanya sebuah kabupaten, namun sepertinya Rokan Hilir, Riau punya obsesi besar untuk menjadi daerah yang terbaik di Indonesia. Bukan hanya Gedung Bupati Rokan Hilir yang seperti Capitol Hill (Kantor Kongres Amerika Serikat), namun Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kabakaran (Satpol PP Damkar) juga termasuk yang termegah di Indonesia.

Kantor Satpol PP ini nantinya bukan saja tempat berkumpul, tapi juga akan menjadi puast pelatihan Satpol PP nasional karena gedungnya sangat representatif. Gedung yang digunakan adalah eks Kampus IPDN Rokan Hilir.

Hal penggunaan gedung eks IPDN menjadi Kantor Satpol PP dan pusat pendidikan Satpol PP nasional ini terungkap setelah adanya pertemuan antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Pemkab Rokan Hilir dalam rangka membahas sarana prasarana, pemanfaatan bangunan serta masalah menyangkut fasilitas pendukung lainnya.

Pertemuan tim Kemendagri dengan Bupati Rokan Hilir dan Ketua DPRD berlangsung pada hari Rabu (11/10/2017) di Mess Pemda Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

''Tim kunjungan ke bupati dan Ketua DPRD dalam rangka tindak lanjut peraturan Mendagri nomor 84 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Pengembangan SDM Kemendagri,'' kata Kepala Pusat Standardisasi dan Sertifikasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Drs Didin Wahidin MSi usai melaksanakan pertemuan dengan Bupati Rohil.

Menurut dia, perlu ditindaklanjuti soal proses pengalihan kampus yang semula untuk IPDN dialihkan menjadi Balai Pengembangan Kompetensi atau Pendidikan dan Pelatihan Satpol PP dan Damkar yang bersifat nasional.

"Kami mau laksanakan pengalihannya perlu disikapi terutama terkait sarana prasarana, pemanfaatan bangunan dan lain-lain," ucapnya dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Dalam pertemuan itu, bupati dan Ketua DPRD Rohil sangat mendukung kegiatan tersebut yang mana telah ada Permendagri dan juga keluarnya surat dari Menpan RB yang intinya untuk kegiatan skala nasional terkait Satpol PP dan Damkar digelar di bekas kampus IPDN di Rohil.

"Bila sudah dialihkan atau diserahkan ke pusat tentunya untuk pembiayaan nanti oleh pusat, Rohil bisa membantu kalau ada dananya. Kalau sekarang belum diserahkan bagaimana kami mau membantu dan untuk kesuksesan ini semua tentu perlu dukungan dari masyarakat," paparnya.

Yang jelas, kata Didin lagi, dengan ketetapan yang ada maka penggunaan kampus bekas IPDN tersebut sudah menjadi skala nasional, setiap kegiatan yang terkait dengan satpol PP Damkar yang bersifat nasional harus digelar di Rohil dan imbas positifnya diharapkan dapat turut mengembangkan SDM di daerah sekaligus mengerakkan roda perekonomian. ***

Editor:
Muh Amin

wwwwww