Home > Berita > Siak

Festival Siak Bermadah Juga sebagai Ajang Promosi Wisata dan Budaya Melayu

Festival Siak Bermadah Juga sebagai Ajang Promosi Wisata dan Budaya Melayu

Wabup Siak Alfedri (baju merah).

Selasa, 10 Oktober 2017 23:10 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kurang lebih sebanyak 1050 orang mengikuti pawai budaya yang dikemas dalam Festival Siak Bermadah tahun 2017. Selain 14 kecamatan se-Kabupaten Siak, sejumlah kabupaten kota di dalam Riau maupun di luar juga ikut meramaikan pawai budaya bersempena dengan Hari Jadi ke-18 Kabupaten Siak tahun 2017 ini.

Seperti DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kabupaten Rohil, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuansing dan dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau. Bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga mengutus perwakilannya dalam acara dengan tema "Kembangkan Adat dan Budaya untuk Mengangkat Marwah Negeri" tersebut.

Pelepasan pawai ini dilaksankan di depan Istana Siak dan dilepas oleh Wakil Bupati Siak, Alfedri. Usai pelepasan, Wabup Siak itu menuturkan, acara ini digelar bersampena hari jadi kabupaten ke-18. "Kalau dilihat, jumlah peserta tahun ini, relatif lebih banyak dari pada tahun sebelumnya," kata Wabup, Selasa (10/10/2017).

Sesuai dengan tema, kata wabup, tentunya berbagai tradisi, adat dan budaya ditampilkan dalam pawai ini. Selain itu, menurut Ketua DPD PAN Siak ini, Festival Siak Bermadah juga sebagai ajang mempromosikan wisata Siak dan budaya melayu. Dan ini juga menjadi visi pemkab menjadikan Siak sebagai salah satu tujuan wisata di Sumatera.

Untuk mempromosikan wisata Siak, tahun 2017 ini iven juga lebih diperbanyak dengan jumlah 26 iven. Diantaranya iven Serindit Boat Race Festival dan Gasing, yang merupakan acara tambahan di tahun ini.

"Bahkan iven tahun ini lebih banyak dari tahun lalu dengan total 22 iven," kata Wabup Siak. ***

wwwwww