Home > Berita > Riau

Kenakan Pakaian Adat Jawa, Bupati Inhil Hadiri Grebeg Suro di Kecamatan Kempas

Kamis, 05 Oktober 2017 06:29 WIB
Advertorial
kenakan-pakaian-adat-jawa-bupati-inhil-hadiri-grebeg-suro-di-kecamatan-kempasBupati Inhil HM Wardan saat mengenakan pakaian adat Jawa.
KEMPAS, POTRETNEWS.com – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan menghadiri peringatan Gema Muharam dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah di Kecamatan Kempas, Rabu (4/10/2017). Kegiatan Gema Muharam yang diadakan di halaman Kantor Lurah Kempas Jaya ini diisi dengan kegiatan Tablig Akbar, Grebek Suro dan Kirab Budaya.

Bupati Inhil HM Wardan memberikan apresiasi atas kegiatan budaya dalam menyambut Tahun Baru Islam yang tetap dilestarikan masyarakat Jawa di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas. ”Kegiatan budaya seperti ini harus dilestarikan,” kata Wardan. Dalam kegiatan ini tampak beliau mengenakan pakaian adat Jawa. 

Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Indragiri Hilir (Pamaji) Inhil RM Sudinoto menyebutkan, masyarakat Jawa di Kecamatan Kempas memiliki budaya warisan leluhur saat menyambut peringatan bulan Muharam. ”Grebeg Suro ini merupakan tradisi rutin tiap tahun di Kecamatan Kempas dalam syukuran pada bulan Muharam,” kata Sudinoto.

Kegiatan Grebeg Suro sempena Gema Muharam ini diisi dengan berbagai kegiatan seni dan budaya, diantaranya Tablig Akbar, Maulid Habsyi, Salawat Nariyah, Madihin dan Pawai Budaya.

Tampak kegiatan ini dihadiri Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H Dahrius Husin, unsur Forkopimda dan pejabat Pemkab Inhil, serta tokoh dan masyarakat Jawa serta perwakilan etnis lainnya di Kecamatan Kempas. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww