Wakil Bupati Siak Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Wakil Bupati Siak Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Alfedri (jas hitam) pimpin upacara Hari Kebangkitan Pancasila, di Halaman Kantor Bupati Siak.

Senin, 02 Oktober 2017 11:52 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Wakil Bupati Siak Alfedri menjadi inspektur upacara dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Kantor Bupati Siak, Riau, Senin (2/10/2017) pagi.

Upacara berlangsung tepat pukul 07.30 WIB. Wabup Alfedri mengenakan jas hitam dan peci warna hitam. Dalam upacara kali ini, ikrar kesetiaan kepada NKRI dibacakan oleh Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan.

Alfedri menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila ini ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh rakyat Indonesia, bahwa Pancasila sebagai ideologi negara dan tidak akan tergantikan oleh paham apapun, setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Gerakan Komunis G30S/PKI merupakan fakta sejarah yang tidak boleh terulang. Amanat Pancasila jelas dan tegas melalui TAP MPRS XXV Tahun 1966 bangsa Indonesia melarang Komunis dan gerakannya,"kata Alfedri. 

Sementara dalam kesempatan itu, Alfedri juga mengingatkan kepada generasi muda agar mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Mengamalkan ini adalah bertingkah laku yang positif. Banyak hal positif yang bisa dilakukan oleh para generasi bangsa di Siak ini, seperti bergabung pada komunitas Siak Green Generation, Forum Anak, Kampung Seni, Pramuka atau komunitas fotografi dan lain-lain, ini juga salah satu bentuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Alfedri.

Upacara berlangsung khidmat. Sejumlah kepala dinas, ratusan ASN, Polri dan TNI di Siak, juga hadir mengikuti upacara tersebut. ****

wwwwww