Home > Berita > Siak

Mengagumkan, Ini Makna Pancasila bagi Pelajar dan ASN di Siak

Mengagumkan, Ini Makna Pancasila bagi Pelajar dan ASN di Siak

Siswa SMA sedang melaksanakan upacara bendera. (foto: internet)

Senin, 02 Oktober 2017 12:46 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan Pemkab Siak, Senin (2/10/2017) pagi di Halaman Kantor Bupati Siak, Riau, juga diikuti puluhan pelajar. Para siswa-siswi ini juga ambil bagian dalam upacara tersebut. Mereka memainkan marching band dan paduan suara. Bahkan, sejumlah pelajar dari SMPN 1 Mempura dan SMAN 2 Siak itu sudah memenuhi halaman kantor Bupati Siak sejak pukul 07.30 WIB pagi tadi.

Salah seorang siswi kelas 3 di SMAN 2 Siak bernama Dias Putri, mengatakan, pemuda merupakan harapan suatu bangsa di masa mendatang. Guna menghasilkan anak-anak muda yang bisa berguna, maka perlu mengamalkan apa yang tertuang dalam sila-sila Pancasila.

"Di masa modern seperti saat ini, gadget atau handphone menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan anak muda. Padahal memahami makna Pancasila jauh lebih penting," ungkap Dias Putri, usai upacara.

Untuk itu ia berpesan, melalui amalan Pancasila ini diharapkan generasi muda dapat menjadi generasi selanjutnya, serta menjauhi narkoba, dan bijaksana menggunakan gadget.

Sementara Wahyu Arsyam, salah seorang ASN menyebutkan Hari Kebangkitan Pancasila ini sangat penting diperingati untuk mengenang tragedi kelam yang dilakukan oleh penghianat bangsa. Selain itu, sebagai wawasan kebangsaan dan nasionalisme serta sebagai wahana pendidikan untuk melaksanakan nilai-nilai bangsa bagi para peserta didik.

"Peringatan Kesaktian Pancasila disebabkan oleh gagalnya misi kaum Komunis mengganti dasar negara kita. Karena kegagalan itulah selanjutnya Pancasila dianggap sakti, sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi," tuturnya. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Peristiwa
wwwwww