Home > Berita > Siak

Besok, KPU Siak Mulai Verifikasi Parpol

Besok, KPU Siak Mulai Verifikasi Parpol

Komisioner KPU saat memberikan pemaparan. (foto: istimewa)

Senin, 02 Oktober 2017 19:42 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak pada Senin (2/10/2017) mengadakan rapat sekaligus sosialisasi tentang Peraturan KPU nomor 11 Tahun 2017. Peraturan ini tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Dalam rangka sosialisasi ini, KPU Siak mengundang pimpinan atau pengurus parpol tingkat kabupaten. Kegiatan ini meneruskan program dari KPU pusat, terkait dengan kepesertaan parpol dalam pemilu 2019 mendatang. 

Walau terlihat santai, acara ini berjalan dalam suasana serius. Materi yang di sampaikan oleh anggota KPU Siak Divisi Hukum dan Pengawasan Ahmad Rizal juga menghidupkan suasana. Pertanyaan demi pertanyaan disampikan oleh pimpinan maupun perwakilan parpol.

Kebanyakan, mereka bertanya terkait apa saja yang harus dipersiapkan, sehubungan dengan verifikasi parpol yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 3-16 Oktober 2017.

"Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini agar parpol dapat memahami apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum dilakukan verifikasi," kata Divisi SDM KPU Siak, Agus Haryanto kepada potretnews.com, Senin sore.

KPU Siak berharap agar parpol dapat memahami aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU, terutama sebut Agus, pada saat verifikasi sebelum ditetapkan sebagai peserta pemilu 2019. "Dari daftar hadir, selain parpol yang ikut pemilu 2014, ada 3 parpol baru yakni Partai Solidaritas Indonesia, Partai Indonesia Kerja dan Partai Berkarya," ungkap Agus.

Selain dihadiri Komisioner KPU Siak seperti Divisi Teknis H Sariman, Divisi Hukum Ahmad Rizal, Divisi Data Hasanuddin, Divisi SDM Parmas dan Sosialiasi Agus Haryanto, kegiatan ini juga dihadiri Bawaslu Siak M Royani, M Dardiri dan Salomo, serta Kapolres Siak AKBP Barliansyah dan perwakilan Kesbangpolinmas. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Politik, Peristiwa
wwwwww