KPU Riau Kenang Almarhum Husni Kamil Manik lewat Tugu

KPU Riau Kenang Almarhum Husni Kamil Manik lewat Tugu

Almarhum Husni Kamil Manik.

Minggu, 01 Oktober 2017 08:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau akan me-launching tahapan Pemilihan Gubernur Riau 2018, yang kegiatannya dipusatkan di Hotel Labersa, pada Sabtu (30/9/2017) malam ini. Dalam launching tahapan Pilkada tersebut, juga sekaligus akan melaunching maskot, logo dan jinggel Pemilihan Gubernur Riau 2018.

Peluncuran tahapan Pilkada 2018 tersebut, juga akan diiringi dengan rangkaian kegiatan lainnya, di antaranya adalah dengan melakukan kegiatan jalan santai, yang akan dilaksanakan pada Ahad (1/10/2017), di area Car Free Day, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Setelah jalan sehat tersebut, juga akan dilakukan kunjungan dan peresmian pohon demokrasi, tugu almarhum Husni Kamil Manik di Kabupaten Kampar, tepatnya di depan kantor KPU Kampar.

Disampaikan Nurhamin, di depan kantor KPU Kampar tersebut, Husmi Kamil Manik yang ketika itu menjabat sebagai Ketua KPU RI, berangkat ke Bukittinggi dari Pekanbaru, kemudian ia singgah ke KPU Kampar dan menanam pohon di sana, tepatnya 19 April 2015 lalu.

"Ada beberapa pohon yang ditanam di sana, saya juga ikut menanam, tapi sampai saat ini, pohon yang ditanam Pak Husni Kamil lah yang paling tumbuh besar dan tinggi, yaitu pohon matoa," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin, Sabtu (30/9/2017) siang, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Pohon tersebut kemudian diwacanakan untuk dijadikan sebagai pohon demokrasi. Wacana ini juga disampaikan oleh KPU Riau ke pihak KPU RI, setelah Husni Kamil meninggal dunia, dan menurut Nurhamin KPU RI sangat setuju dengan wacana tersebut.

"Pak Husni Kamil pertama kali melakukan penanaman pohon demokrasi tersebut, karena sejak itu, setiap kali ada acara dimana-mana di Indoensia, selalu dilakukan penanaman pohon. Karena filosofi pohon ini sangat luar biasa. Saya sudah sampaikan wacana menjadikan pohon yang ditanam Pak Husni Kamil tersebut sebagai pohon demokrasi di kegiatan nasional,dan KPU RI sangat mendukung dan sangat mengapresiasi," ujar mantan Ketua KPU Kampar ini.

Selain itu, Nurhamin juga mewacanakan akan dibuat pondok teduh di bawah pohon demokrasi tersebut, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk tempat berkumpul dan berdiskusi.

Sementara itu, untuk kegiatan jalan santai besok, akan melibatkan masyarakat secara umum. Masyarakat akan diberikan baju kaos khusus, dan juga disediakan berbagai hadiah menarik, dengan cara melakukan pemilihan nomor undian yang dimiliki oleh peserta jalan santai.

Bahkan untuk hadiah utama, pihak KPU Riau menyediakan satu unit sepeda motor bagi masyarakat yang beruntung, ketika pencabutan undian jalan sehat nantinya.

"Kita menyediakan sepeda motor untuk hadiah utama. Masing-masing peserta nantinya juga akan diberikan baju kaos yang dipakai saat kegiatan," imbuh Nurhamin. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww