Janji PT TKWL Perbaiki Jalan di Bungaraya Hanya "Pepesan Kosong"

Janji PT TKWL Perbaiki Jalan di Bungaraya Hanya Pepesan Kosong

Kondisi jalan yang kian parah. (foto : sahril ramadana)

Senin, 25 September 2017 21:25 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Kabid Binamarga Dinas PU Tarukim Siak Ardi Irfandi mengatakan, rusaknya jalan di daerah Kecamatan Bungaraya mulai dari Simpang Kampung Jayapura sampai dengan Kampung Buantan Lestari sejak dua tahun terakhir, disebabkan oleh Mobil tronton pengangkut sawit dan CPO yang kelebihan tonase milik PT Teguh Karsa Wahana Lestari (TKWL).

Bahkan Pemkab Siak melalui dinas PU Tarukim, Camat Bungaraya dan pemerintahan desa setempat kata Ardi pernah memanggil pihak perusahan akibat kian parahnya jalan di situ, namun pihak perusahan seakan tidak open dengan hal itu. 

"Kita sudah panggil mereka. Bahkan kita sudah duduk bersama mereka, camat dan penghulu kampung. Kata mereka dulu akan memperbaiki jalan itu. Tapi sampai hari ini jalan itu masih begitu saja kondisinya. Padahal dulu jalan itu tidak seperti itu, sejak TKWL beroperasi, jalan disana langsung hancur,"keluh Ardi, Senin (25/9/2017).

Bahkan kata Ardi, janji memperbaiki jalan itu sudah berjalan dua tahun, Ia kawatir kalau di tahun ke tiga mereka juga tidak memperbaiki jalan tersebut, kerusakan jalan itu makin parah. Apalagi, lanjut Ardi, saat ini pemerintah daerah sedang dalam kondisi keuangan yang tidak baik. Rasionalisasi anggaran menjadi sesuatu yang tidak dapat dielakkan. Hal itu yang membuat kita tidak dapat berbuat banyak. 

"Kondisi keuangan kan tahu sendiri, anggaran kita tidak ada. Ini kalau sampai tahun ke tiga tidak diperbaiki, saya kawatir kerusakan jalan itu kian parah,"kata Ardi.  

Sebenarnya kata Ardi,  jalan yang harus diperbaiki oleh TKWL tidak hanya dari Simpang Jayapura menuju Buantan Lestari. Melainkan jalan lintas Bungaraya-Sabakauh, yang kondisinya juga memprihatinkan. Apalagi kata Ardi jalan itu merupakan jalur lintasan Tour De Siak. Kalau tanggung jawab perusahaan tidak ada, Ia kawatir Ivent Tour De Siak akan terganggu. 

"Itu jalan Bungaraya-Sabakauh juga tanggung jawab mereka, mobil mereka juga lewat sana. Kondisinya kalau dibiarkan kita kawatir akan mengganggu Iven Tour De Siak tahun ini,"pungkasnya. 

Terpisah, Humas PT TKWL Adli Bona Siregar membantah perusahaanya tidak bertanggung jawab atas kerusakan jalan tersebut. Mereka sudah membahas dan menunjuk kontraktor untuk mempebaiki jalan tersebut.  Tapi Ia tidak dapat memastikan kapan jalan itu akan diperbaiki. 

"Sudah kita tunjuk kontraktornya untuk memperbaiki,  tapi kita tidak tahu kapan mereka mau kerja. Karena kata kontraktornya mereka masih memperbaiki jalan di Kotogasib.  Coba tanya saja Kamto itu,  dia kontraktor yang akan perbaiki jalan itu,"kata dia, kepada awak media via Telepon.

Bahkan saat ditanya akankah jalan itu diperbaiki dengan sistem pengaspalan atau Rijid,  Adli mengaku tidak tahu. Yang jelas jalan itu kata Dia akan diperbaiki. Soal berapa besaran anggaran yang akan di gelontorkan untuk memperbaiki jalan tersebut, Ia juga mengaku tidak tahu.

 "Saya tidak tahu kalau soal itu,  yang jelas kita akan perbaiki,  tanya saja Kamto kalau tidak percaya," pungkasnya.*****

Kategori : Peristiwa, Umum, Siak, Riau
wwwwww