Home > Berita > Riau

Tiga Bunga Bangkai Mekar di Kampar, 1 di Antaranya Diklaim Tertinggi di Dunia

Tiga Bunga Bangkai Mekar di Kampar, 1 di Antaranya Diklaim Tertinggi di Dunia

Bunga bangkai terbesar mekar di Kampar. (foto: dok bbksda riau via detikcom)

Minggu, 17 September 2017 15:43 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Indonesia adalah tempatnya flora dan fauna unik. Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau ditemukan bunga bangkai (Amorphoghallus gigas) yang diklaim tertinggi di dunia. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menemukan bunga bangkai (Amorphopallus gigas) di Cagar Alam Bukit Bungkuk di Kabupaten Kampar. Di lokasi itu tumbuh tiga bunga bangkai satu di antaranya setinggi 3,97 meter dan diklaim tertinggi di dunia.

Hal itu disampaikan, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III, BBKSDA Riau, Bintang Hutajulu dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Minggu (17/9/2017). Bintang menjelaskan, bunga bangkai itu tepatnya ditemukan di cagar alam Bukit Bungkuk di Kab Kampar tepatnya di pinggir Sungai Singalan Kiri pada 13 September 2017.

"Bunga bangkai jenis ini adalah bunga bangkai yang tertinggi di dunia karena mempunyai batang yang menjulang. Berdasarkan berbagai litelatur bunga bangkai yang ditemukan kali ini salah satunya adalah bunga bangkai tertinggi di dunia dengan mencapai 3,97 meter," kata Bintang, dilansir potretnews.com dari detikcom.

Sedangkan satu bunga bangkai lagi, kata Bintang, memiliki tingi 3,3 meter. Kedua bunga yang tumbuh ini saling berdekatan.

"Salah satu bunga tersebut sudah mekar dari Jumat (15/9) pagi dan hanya mekar selama dua hari serta butuh waktu berpuluh tahun untuk muncul kembali. Satu bunga lagi siap mekar," ucapnya.

Selain dua bunga di lokasi yang berdekatan, kata Bintang, timnya juga menemukan satu bunga lagi masih di kawasan Bukit Bungkuk. Bunga bangkai ini tumbuh di antara kebun karet dan beberapa rumpun bambu.

Bunga ini setinggi 2 meter. Tim BBKSDA di lokasi cagar alam tersebut tengah melakukan survei kondisi ekologi dalam rangka penyusunan blok pengelolaan cagar alam Bukit Bungkuk. Untuk sekedar diketahui lokasi cagar alam Bukit Bungkuk berada di Kampar di bagian hulu waduk PLTA Kotopanjang.

Rekor tertinggi sebelumnya adalah Amorphophalus titanum yang mekar setinggi 3,725 meter di Kebun Raya Cibodas, Cianjur tahun 2016. Amorphophallus gigas berbeda dengan Amorphophalus titanum. Kalau titanum bunganya besar dan batangnya pendek, kalau gigas bunganya kecil tapi batangnya panjang.

Atas penemuan bunga bangkai ini, tim BBKSDA Riau juga mengajak warga setempat untuk turun ke lokasi bersama. Warga diajak untuk menyaksikan bunga bangkai secara langsung serta diikut sertakan dalam mengukur ketinggian bunga tersebut. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Kampar, Umum, Peristiwa
wwwwww