Home > Berita > Riau

Dumai Line 5 Mogok di Tengah Laut Pulau Burung, Penumpang Muntah dan Pusing

Dumai Line 5 Mogok di Tengah Laut Pulau Burung, Penumpang Muntah dan Pusing

Kapal Dumai Line 5 rute Batam-Dumai saat mogok di perairan Pulau Burung, Tanjungbalai Karimun, Minggu, 17 September 2017 sekira pukul 11.00 WIB.

Minggu, 17 September 2017 17:35 WIB
BATAM, POTRETNEWS.com - Pelayaran Kapal Feri Dumai Line 5 terhenti di perairan sekitar Pulau Burung, Kabupaten Tanjungbalai Karimun, Kepri, akibat sirkulasi BBM tidak lancar, Ahad (17/9/2017). Akibatnya sejumlah penumpang muntah dan pusing karena terombang-ambing oleh ombak laut. Informasi yang dihimpun, kapal tersebut berlayar dari Pulau Batam tujuan Dumai. Kapal juga berhenti di beberapa pulau, yakni Tanjungbalai Karimun, Selatpanjang, dan Bengkalis. Namun saat kapal berlayar dari Karimun menuju Pulau Selatpanjang, Provinsi Riau, kapal mengalami mogok di sekitar perairan Pulau Burung.

"Kapal mengalami mati mesin di perairan antara Karimun-Selatpanjang. ABK Dumai Line 5 mengaku sirkulasi BBM enggak jalan," kata Junedy, seorang penumpang kapal dalam pesan singkatnya, Ahad (17/9/2017).

Puluhan penumpang yang tak tahan dengan ombak laut yang membuat kapal terombang-ambing, muntah-muntah dan ada yang nyaris pingsan. Sejumlah ABK kapal Dumai Line 5 juga tampak berusaha memperbaiki aliran BBM yang tersumbat.

"Mereka sedang mengupayakan untuk memperbaiki saluran BBM kapal itu. Namun sekira 30 menit belum ada tanda-tanda kapal selesai diperbaiki," kata Junedy, dilansir potretnews.com dari metrotvnews.com.

Dewan Pembina Pelabuhan Rakyat (Pelra) Batam, Asmadi, membenarkan kapal Dumai Line 5 yang mengangkut sekira 90 penumpang mogok di perairan sekitar Pulau Burung.

"Sirkulasi BBM-nya kemungkinan kotor sehingga BBM tak mengalir lancar membuat mesin ngadat," ujarnya.

Pihaknya yang menerima laporan tersebut meminta agar kapal Dumai Ekspres 12 untuk mendekati kapal Dumai Line 5. Selain untuk membantu perbaikan, rencananya seluruh penumpang di Dumai Line 5 akan dipindahkan ke Dumai Ekspres 12 untuk selanjutnya diantar menuju Dumai.

"Ketika kapal Dumai Ekspres 12 menuju lokasi, mesin kapal Dumai Line 5 sudah normal lagi dan kapal sudah bisa kembali berlayar untuk melanjutkan perjalanan menuju Dumai," kata Asmadi.

Ia mengatakan, saat ini kapal sudah berada di perairan Bengkalis dan sebentar lagi masuk perairan Dumai, Provinsi Riau. "Kapalnya sebentar lagi merapat di Pelabuhan Dumai. Sehari-hari, Dumai Line 5 melayani rute Batam-Dumai," pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Dumai, Umum, Peristiwa
wwwwww