Home > Berita > Riau

Bagaimana Bunga Bangkai dari Jenis Tertinggi di Dunia Bisa Ditemukan di Mekar di Kampar? Simak Jawabannya

Bagaimana Bunga Bangkai dari Jenis Tertinggi di Dunia Bisa Ditemukan di Mekar di Kampar? Simak Jawabannya

Dua bunga bangkai yang ditemukan di Kampar, Riau oleh Tim Balai Besar KSDA Riau. Bungai bangkai ini disebut jenis bunga bangkai tertinggi di dunia.

Minggu, 17 September 2017 16:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala Balai Besar KSDA Riau, Mahfud berbesar hati dengan temuan dua bunga bangkai di kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk, Desa Merangin Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Salah satu bunga tersebut memiliki tinggi 3,97 meter. Tinggi bunga Amorphollaus Gigas ini disebut merupakan tertinggi di dunia. Sedangkan satu lagi memiliki tinggi 3,30 meter.

"Kepala Balai Besar KSDA sangat senang. Artinya area cagar alam masih dalam kondisi bagus. Kepala Balai KSDA juga mengajak masyarakat menjaga kawasan dari pengrusakan," kata Humas Balai Besar KSDA Riau, Dian Indriati, Ahad (17/9/2017), dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Dua jenis tanaman langka tersebut ditemukan oleh Tim Balai Besar KSDA Riau yang tengah melakukan survey kondisi ekologi dalam rangka penyusunan blok pengelolaan Bukit Bungkuk.

Menurut Dian, bunga bangkai yang ditemukan merupakan jenis bunga bangkai yang tertinggi di dunia karena mempunyai batang menjulang.

"Berdasarkan berbagai literatur bunga bangkai yang ditemukan adalah jenis bunga bangkai tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 3,97 meter. Sedangkan bunga satunya lagi tingginya 3,30 meter," terang Dian.

Ditambahkan Dian salah satu bunga tersebut sudah mekar dari hari Jum"at (15/9/2017) pagi dan hanya akan mekar selama dua hari. Serta butuh berpuluh tahun untuk muncul kembali. "Sedangkan satu bunga lagi juga siap mekar," papar Dian.

Di kawanan cagar alam Bukit Bungkuk sebelumnya juga pernah ditemukan dua jenis bunga bangkai yakni Amorphollus Gigas dan Amorphopallus Titanium. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Kampar, Umum, Peristiwa
wwwwww