Besok, Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Predikat WTP ke Pemkab Siak di Istana Negara

Besok, Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Predikat WTP ke Pemkab Siak di Istana Negara

Syamsuar bersalaman dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Rabu, 13 September 2017 14:26 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Jika tidak halangan apa pun, Kamis besok (14/9/2017) Presiden Republik Indonesia, bakal menyerahkan penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kabupaten Siak lantaran mengelola keuangan daerah dengan baik dan transparan.

Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Siak, Wan Saiful Effendi, membenarkan hal tersebut. Katanya, sesuai undangan yang diperoleh dari Kementerian Keuangan bahwa acara ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

"Jika tidak ada halangan, penyerahan penghargaan WTP itu langsung diberikan Presiden Jokowi. Acara ini diserangkaikan dengan Rakernas Akuntan dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2017," kata Wan Saiful.

Diketahui, kata Wan Saiful, penghargaan ini hanya diberikan kepada 38 kabupaten/kota dari ratusan daerah di Indonesia.

Sedangkan untuk di Provinsi Riau hanya dua kabupaten yang menerima. Yakni, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuansing. "WTP yang diterima Siak dan Kuansing nantinya beda katagori. Siak masuk katagori Kota Besar lantaran APBD-nya lebih besar dari Kuansing," jelas Wan Saiful.

Siak Menerima WTP ini juga lantaran adanya penilain Kementerian Keuangan atas akuntabilitas keuangan dan transparansi yang dilakukan pemerintah daerah. Atas konsistensi membenahi pengelolaan keuangan inilah, pemkab meraih enam kali berturut-turut WTP.

Terpisah, Bupati Siak Syamsuar, mengucap syukur karena Siak sudah enam tahun berturut-turut mendapat WTP dan sejak itu memperoleh dana insentif daerah.

"Sebelumnya Siak juga pernah dapat dana insentif daerah dari pusat, besarannya ada Rp 7,5 miliar sampai Rp 22,5 miliar. Mudah-mudahan, tahun depan bisa lebih besar lagi," ungkap Syamsuar.*****

wwwwww