Home > Berita > Riau

Wardan Ingin Ulama dan Umara Inhil Bersinergi

Selasa, 12 September 2017 08:07 WIB
Advertorial
wardan-ingin-ulama-dan-umara-inhil-bersinergiBupati Inhil HM Wardan Mengukuhkan Forum Silaturahmi dan Komunikasi Ulama dan Umara Inhil.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan mengukuhkan Forum Silaturahmi dan Komunikasi Ulama dan Umara Kabupaten Indragiri Hilir, Ahad malam (10/9/2017) di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan. Pengukuhan ini sejalan dengan Musyawarah Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rapat Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Inhil.

Forum Silaturahmi dan Komunikasi Ulama dan Umara yang bertujuan untuk membangun silaturahmi dan komunikasi yang baik dan intensif antara ulama dan umara sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara ulama dengan umara ini beranggotakan tokoh agama, ustad dan pimpinan majelis taklim serta pejabat pemerintah yang tupoksinya berhubungan dengan pembangunan keagamaan, sosial dan kemasyarakatan.

Wardan menginginkan kedua unsur ini senantiasa duduk bersama dan bersinergi, sehingga menjadi kekuatan yang mampu menjadi pengontrol sekaligus mendorong pemerintah melaksanakan kebijakan sesuai dengan syariat Islam dan sesuai ketentuan yang berlaku. "Pembentukan forum ini murni keinginan untuk memposisikan dan mengajak para ulama untuk berpartisipasi dalam pembangunan bagi kemajuan umat," ujar Wardan.

Bupati Wardan menegaskan, pembentukan forum ini tidak ada kaitannya dengan politik, tapi murni sebagai wadah untuk memberikan kritikan dan masukan serta melakukan penilaian bagi kebijakan pemerintah yang sudah dilakukan, seperti Gerakan Maghrib Mengaji, Gerakan Shalat Subuh Berjamah dan kegiatan lainnya.

Adapun pelaksanan Musda MUI Inhil ini diikuti Ketua dan Sekretaris MUI Kecamatan plus utusan lembaga keagamaan dengan agenda memilih pengurus periode 2017-2022 dan penyusunan program kerja ke depan. Sedangkan Rakerda LPTQ diikuti Ketua dan Sekretaris LPTQ Kecamatan ditambah 2 orang pelatih Qari dan 2 orang operator MTQ. Dengan agenda menyusun rencana kerja dan program LPTQ, dalam upaya meningkatkan kualitas pembinan dan mencetak Qari serta persiapan menghadapi MTQ Kabupaten dan Provinsi Riau. 

Kegiatan ini dihadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau, Ketua MUI dan LPTQ Provinsi Riau, unsur Forkopimda dan Sekretaris Daerah H Said Syarifuddin serta para pejabat Pemkab Inhil. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww