Home > Berita > Siak

Puskesmas Kecamatan Sungai Apit, Lubukdalam, Kandis, dan Dayun Akan Diakreditasi Tim Surveyor Kemenkes Pekan Ini

Puskesmas Kecamatan Sungai Apit, Lubukdalam, Kandis, dan Dayun Akan Diakreditasi Tim Surveyor Kemenkes Pekan Ini

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Siak Syafrilenti saat memberikan kata sambutan.

Minggu, 10 September 2017 22:27 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Empat Puskesmas di Kabupaten Siak akan dinilai oleh tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan RI. "Sebanyak 15 Puskesmas di daerah Kabupaten Siak, saat ini sudah 3 kecamatan terakreditasi yakni di Kecamatan Bungaraya, Siak dan Tualang. Sementara untuk tahun 2017 ada 4 puskesmas yang akan di nilai oleh tim Kemenkes," sebut Kadis Kesehatan Siak Tony Chandra, usai acar perkenalan dengan tim Surveyor Akreditasi di Hotel Grand Royal Siak, Minggu (10/9/2017) malam.

Dikatakan Tony, untuk tahun ini Puskesmas yang akan diakreditasi yakni daerah Kecamatan Sungai Apit, Lubukdalam, Kandis dan Dayun.

"Kita berharap tahun depan semua puskesmas di Kabupaten Siak sudah terakreditasi. Sehingga bisa memberikan motivasi dan dorongan kepada puskesmas lainnnya agar dapat memberikan pelayanan yang lebih bermutu dan berkualitas," kata dia.

Sementara itu, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertaris Daerah Siak Syafrilenti mengatakan, setiap Puskesmas sejatinya harus memiliki standar akreditasi, agar masyarakat lebih nyaman saat berobat. Karena puskesmas merupakan garda depan dalam penyelenggara upaya kesehatan.

"Ada atau tidak ada penilaian ini, kita harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Saya berharap, setelah terakreditasi nanti, ada peningkatan pelayanan dan kualitas sehingga jumlah masyarakat yang datang semakin berkurang," ujar Syafrilenti.

Dilain pihak, Ketua Tim Surveyor Akreditasi Rismawati Syarif yang akan melakukan penilaian pertama pada UPTD Puskesmas Sungai Apit selama 3 hari, mulai tanggal 10 sampai 13 September 2017 menyampaikan. “Kedatangan kami kesini untuk melihat dari dekat, bagaimana pelayanan puskesmas disini, kemudian dinilai untuk mendapatkan tingkat akreditasi,” kata Rismawati.

Ia menjelaskan, tim Surveyor bertugas hanya melakukan pembinaan dan penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, sesuai kode etik yang telah ditetapkan.

Tim Surveyor tersebut terdiri dari Rismawati Syarif bidang administrasi manajemen dari Kementerian Kesehatan, Desi Leni bidang upaya kesehatan masyarakat (UKM) dari Sumatera Selatan, dan Wildan Asfan bidang upaya kesehatan perorang (UKP) dari Riau.

Diujung acara dilakukan penyerahan kesepakatan antara UPTD Puskesmas Sungaiapit dengan Surveyor dan UPTD Puskesmas Lubuk Dalam dengan Surveyor. ***

wwwwww