Home > Berita > Siak

Canangkan 13 Kampung KB di Kabupaten Siak, Wabup Alfedri: Dua Anak Cukup, Laki-laki dan Perempuan Jangan Dibedakan

Canangkan 13 Kampung KB di Kabupaten Siak, Wabup Alfedri: Dua Anak Cukup, Laki-laki dan Perempuan Jangan Dibedakan

Wabup Alfedri foto bersama usai acara.

Kamis, 07 September 2017 17:06 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Wakil Bupati Siak Alfedri meminta kepada seluruh Camat dan Penghulu Kampung (Kades,red) untuk mendorong warga menyukseskan Program Kampung KB. Hal itu ia sampaikan saat membuka acara Pencanangan Kampung KB di halaman kantor Penghulu Kampung Buatan I, Kecamatan Kotogasib, Siak, Riau, Kamis (07/9/2017). Bahkan dengan suara lantang, Ketua DPD PAN Siak itu meneriakkan "Salam KB" diawal sambutannya dan dijawab langsung oleh para undangan "dua anak cukup, bahagia dan sejahtera, laki-laki dan perempuan jangan di bedakan".

"Kampung KB ini merupakan bentuk kegiatan terpadu. Dan kemudian dikembangkan sebagai inovasi publik dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Wabup.

Bahkan, 13 kecamatan di Kabupaten Siak telah dicanangkan pemerintah menjadi Kampung KB. Ini dilakukan kata Wabup, untuk pemerataan jumlah penduduk dan juga berdampak pada pemerataan pembangunan ekonomi, sehingga akan membawa masyarakat pada tingkat kesejahteraan yang lebih baik.

Ditempat yang sama, Kepala BKKBN Riau Yenrizal Makmur mengatakan Pencanangan Kampung KB ini merupakan program pemerintah yang telah dijalankan sejak Januari 2016 lalu dan pertama kali dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Cirebon.

Pembentukan ini dilakukan kata dia, agar nantinya langusng dirasakan oleh masyarakat terutama yang ada di daerah miskin, padat penduduk, wilayah aliran sungai, terpencil atau perbatasan, kawasan industri dan dengan akses pelayanan kesehatan yang minim.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan pencanangan Kampung KB Kadri Yafis mengatakan, kampung KB ini merupakan program Inovasi yang dilaksanakan oleh BKKBN dalam rangka mewujudkan program pemerintah yaitu membangun negara dari pinggiran.

Dilanjutkan Kadri, BKKBN membuat roadmap 1 kecamatan 1 Kampung KB, sehingga seluruh kecamatan memiliki 1 kampung KB. Sementara, 13 kampung KB diseluruh kecamatan di Siak antara lain, Tumang, Kota Ringin, Lubuk Tilan, Buatan I, Jayapura, Selat Guntung, Tanjung Kuras, Perincit, Harmonis, Gabung Makmur, Bencah Umbai, Minas Timur, dan Kandis.

Dijelaskan Kadri, untuk Kampung Tualang tahun 2016 lalu telah di tetapkan sebagai Kampung KB, karena jumlah penduduk dan wilayahnya lebih besar. Kegiatan ini bersumber dari dana APBN perwakilan BKKBN Riau tahun 2017.

Setelah peresmian Kampung KB, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti kampung KB oleh Wakil Bupati Siak, penyerahan BKB Kit serta Genre Kit, Penyerahan piagam penghargaan dan tropi lomba, dan kegiatan pelayanan KB untuk masyarakat Kampung Buatan I.

Di acara ini turut hadir Camat Kotogasib selaku tuan rumah, Plt Penghulu Buatan I, Kepala Kependudukan dan Keluarga Berencana Propinsi Riau, Kapolsek Kotogasib, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, para Camat beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, dan sejumlah Penghulu. ***

wwwwww