Home > Berita > Siak

Bazar MTQ XVII Siak sebagai Ajang Promosi Produk Unggulan Daerah

Bazar MTQ XVII Siak sebagai Ajang Promosi Produk Unggulan Daerah

Stan Kecamatan Lubukdalam. (foto:potretnews.com/sahril ramadana)

Senin, 04 September 2017 17:22 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Wabup Alfedri buka Bazar MTQ XVII tingkat Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Bazar ini semakin meriah dengan adanya pemeran berbagai macam produk seperti, kuliner, hasil pertanian, perkebunan dan ekonomi kreatif dari 46 peserta yang terdiri dari 14 kecamatan, 30 OPD dan satu umum. Usai di buka oleh Wabup Alfedri, sekitar pukul 14.30 WIB, Senin (4/9/2017), para pembesar negeri didampingi istri memasuki satu persatu stan. Pelaksanaan MTQ ini dipusatkan di samping Masjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Kota Siak Sri Indrapura. Dimana tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Kecamatan Siak.

Alfedri menyampaikan, pameran bazar MTQ ini juga sangat tepat untuk kabupaten dan kecamatan menampilkan produk hasil kerajinan dan makanan sebagai upaya peningkatan ekonomi kemasyarakatan dan membangun sentra-sentra kerajinan sebagai basis ekonomi kerakyatan.

"Kita sama-sama mengetahui begitu banyaknya potensi daerah yang membutuhkan tangan-tangan terampil untuk mengemas potensi tersebut menjadi produk unggulan masing-masing kecamatan yang ramah lingkungan serta dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujar Alfedri.

Ditambahkannya, bazar ini juga merupakan salah satu upaya dalam memperkenalkan, mempromosikan dan memasyarakatkan produk unggulan daerah. Dengan kegiatan pameran dan bazar ini, juga diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal hasil produk daerahnya dan mencintai produk-produk karya masyarakat Siak sendiri. Dirinya pun yakin masyarakat Siak bisa mengembangkan ekonomi produktif dan kreatif yang tidak kalah dengan daerah lain.

Karena itu Alfedri mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Siak, untuk dapat bersama-sama, memanfaatkan momentum pelaksanaan pameran bazar ini, sehingga bisa mendapatkan menambah penghasilan keluarga.

Terdapat sekira 46 stan dalam bazar pada perhelatan MTQ tahun ini. Ada makanan, pakaian, hingga kerajinan tangan. Terdapat pula stan SMKN 1 Mempura yang menampilkan alat-alat ukur dan alat praktek lainnya.

Kemudian di pelepasan balon dan pemotongan pita oleh Ketua PKK Kabupaten Siak dan wakilnya, bupati dan wakil bupati meninjau pameran dan bazar tersebut. ***

wwwwww