Home > Berita > Riau

Ada Laporan, Cacing Hati Ditemukan pada Hewan Kurban di Desa Kualunenas Kampar

Ada Laporan, Cacing Hati Ditemukan pada Hewan Kurban di Desa Kualunenas Kampar

Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar menerima laporan ada hewan kurban Kerbau terkena cacing hati di Desa Kualunenas Kecamatan Tambang. Namun dinyatakan dapat diatasi.

Jum'at, 01 September 2017 15:41 WIB
BANGKINANG, POTRETNEWS.com - Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar menerima laporan ada hewan kurban Kerbau terkena cacing hati di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Namun dinyatakan dapat diatasi. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disbunnak Keswan Kampar, Deyus Herman mengatakan, petugas di lapangan langsung meminta panitia kurban setempat membuang hati yang mengandung cacing. Menurut dia, kasus cacing hati baru ditemukan di Kualu Nenas.

"Petugas kita di tiap kecamatan terus mengirim laporan. Tahun ini nggak banyak (cacing hati) dibandingkan tahun lalu," kata Deyus, Jumat (1/9/2017) siang, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Deyus mengklaim, kasus cacing hati menurun drastis tahun ini. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di lapangan sampai Sabtu (2/9/2017).

Menurut Deyus, tidak semua panitia menggelar penyembelihan hewan kurban pada hari pertama Idul Adha. Ini dikarenakan Idul Adha bertepatan hari Jumat. Panitia beralasan waktu terbatas karena harus menunaikan Salat Jumat.

"Besok (Sabtu) yang banyak. Hari ini mungkin baru 50 persen (panita kurban yang melaksanakan penyembelihan)," ujar Deyus. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Kampar, Umum, Peristiwa
wwwwww