Menteri Jonan Janji November 2017 Semua Desa di Pulau Rupat Sudah Teraliri Listrik

Menteri Jonan Janji November 2017 Semua Desa di Pulau Rupat Sudah Teraliri Listrik

Ilustrasi.

Kamis, 31 Agustus 2017 07:21 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan desa-desa yang belum teralirkan listrik di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau akan segera teraliri. "Sudah kita sampaikan kepada pimpinan daerah di sana (Pulau Rupat), Kabupaten Bengkalis, bahwa 3.000 kepala keluarga yang masih belum terlayani listrik di enam dusun akan kami penuhi listrik di November atau selambatnya akhir Desember tahun ini. Koordinasi baik, tadi ada pak gubernur Riau juga, PLN juga, ada rekan dari komisi VII dan komisi 11 juga, ada anggota BPK IV. Kita sama-sama melayani masyarakat," ungkap Jonan, di Dumai, Riau, Rabu 30 Agustus 2017.

Menurut Jonan, program ini sejalan dengan instruksi presiden untuk pemerataan pembangunan atau energi berkeadilan. Dia menjelaskan, saat ini aliran listrik di pulau Rupat diambil dari gardu induk Dumai, yang disambungkan dengan kabel laut sepanjang 6,5 kilometer (km).

"Sebenarnya kabel laut tidak ada masalah, gardu induk pun tidak ada masalah. Yang jadi tantangan adalah mungkin perbaikan trafo atau peningkatan kapasitas trafo sehingga pemadamannya bisa berkurang karena gangguan jaringan dan sebagainya," jelas dia, dilansir potretnews.com dari metrotvnews.com.

Dia menambahkan, saat ini kapasitas penggunaan listrik di pulau tersebut berkapasitas 12 megawatt (mw) dan beban puncak di pulau itu baru 4,8 mw. Apabila semua desa telah dialiri listrik, beban puncak kurang lebih sekitar 6 mw saja.

"Selain itu, pulau Rupat itu ada masalah air bersih juga, kita dari Kementerian ESDM akan berusaha membangun sumur bor, sumur air atesis namanya jadi paling kurang 1 debitnya juga besar 600 meter kubik kira-kira satu hari," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM kembali melakukan percepatan penyediaan akses listrik kepada masyarakat di pulau terluar sebagai garda terdepan bangsa. Sebanyak enam dusun di Pulau Rupat, salah satu pulau yang yang berbatasan dengan Malaysia yang sebelumnya belum terlistriki akan dapat segera menikmati listrik pada November 2017 ini. ***

Editor:
Muh Amin

wwwwww