Home > Berita > Siak

Produktivitas Padi Menurun hingga 8 Ton, Bupati Siak Pimpin Doa Syukuran Turun ke Sawah

Produktivitas Padi Menurun hingga 8 Ton, Bupati Siak Pimpin Doa Syukuran Turun ke Sawah

Syamsuar saat memberikan sambutan.

Selasa, 29 Agustus 2017 17:43 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Para petani yang tergabung dalam dua kelompok tani (Gapoktan) di Kampung Bungaraya Kecamatan Bungaraya, melaksanakan acara doa syukuran turun ke sawah, Selasa (29/8/2017). Doa syukuran turun ke sawah itu merupakan tradisi lama kalangan masyarakat petani, khususnya di Bungaraya dan sekitarnya. Bupati Siak Syamsuar hadir langsung pada acara tersebut dan turut mendoakan supaya hasil petani semakin meningkat.

Poniman, mewakili kelompok tani menyampaikan harapannya, agar tahun depan hasil panen mereka dapat lebih meningkat dibanding tahun ini. Diakuinya saat ini ada penurunan produktififas padi selama masa panen 2017, dengan jumlah panen beragam mulai dari 8 hingga 5 ton.

Angka itu jauh dari harapan petani, namun diakui Poniman hal ini tidak membuat petani patah semangat mereka tetap berusaha dan bekerja menggarap lahan persawahan yang mereka miliki. Petani meminta tentunya pemerintah daerah tetap memberikan dukungan serta bantuan terhadap kesulitan dan berbagai kebutuhan petani.

"Meski tahun ini hasil panen berkurang, namun kita harus masih bersyukur. Jangan kapok, kita harus lebih giat, sehingga kedepan hasilnya bisa lebih baik," jelasnya.

"Ia juga berharap agar pemerintah bisa membantu para petani yang membutuhkan modal. Sehingga kedepan petani bisa meningkatkan hasil panennya," ujarnya.

Sementara menurut Syamsuar, doa sebelum turun kesawah ini adalah sebagai upaya meminta keberkahan kepada Allah Swt, agar hasil panen bisa lebih meningkat. Dengan meminta ridho dari Allah SWT apa saja yang di perbuat mendapat berkah dan manfaat, karena kecamatan Bungaraya salah satu percontohan pertanian di Kabupaten Siak.

"Akhirnya dengan penuh harapan yang besar sembari memohon agar doa-doa dikabulkan oleh Allah SWT. Semoga kedepan hasil pertanian di Kabupaten Siak bisa berkembang pesat. Dengan pembibitan yang baik akan menghasilkan produksi yang lebih baik sehingga hasil yang di lempar kepasar dapat memiliki nilai jual yang tinggi," harap mantan Camat Siak itu. ***

wwwwww