Home > Berita > Siak

Tahun Depan Markas Kodim Berdiri di Siak, Lahan dan Bangunannya Kemungkinan Hibah dari Pemkab

Tahun Depan Markas Kodim Berdiri di Siak, Lahan dan Bangunannya Kemungkinan Hibah dari Pemkab

Jamaluddin saat membawa rombongan meninjau lokasi pembangunan Markas Kodim Siak.

Senin, 28 Agustus 2017 20:51 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Asisten lll Setdakab Siak Jamaluddin menerima rombongan Dalprog Kodam 1 Bukit Barisan di Ruang Pucuk Rebung kantor Bupati Siak, Provinsi Riau, Senin (28/8/2017). Rombongan yang hadir mulai dari ketua tim Letkol INF AT Chris hardjoko (Waas Rendem), Mayor Inf Deden Ika Derajat, Pabanda Rendam I/Bukit Barisan selaku Sekretaris dan Mayor Inf Gortas.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau sekaligus membahas proses pembangunan Markas  Komando Distrik Militer (Kodim) Siak.

Pembangunan Markas Kodim Siak ini, sejatinya direncanakan sejak tahun 2014 lalu, semula lokasinya ditetapkan di Kecamatan Dayun. Namun karena status tanah belum selesai, Pemkab Siak memindahkan lokasinya di Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak.

Jamaluddin mengatakan, pada intinya Pemkab Siak sangat mendukung pembangunan markas kodim ini. Rencana pembangunannya pada tahun 2018. Untuk tahun ini, pekerjaannya dimulai dari pembersihan lahan dan penimbunan.

"Kami mendukung pembangunan Markas Kodim Siak ini, sebab Siak sebagai salah satu daerah tujuan wisata, tentunya berdirinya kodim bagian dari pengamanan suatu daerah sekaligus mempercepat pembangunan," terang Jamal.

Jamal menambahkan, nantinya juga dibangun sarana dan prasarana di perkantoran kodim ini. Seperti, perumahan dandim, kasdim, rumah jaga, gudang senjata, ruang sel, serta lapangan tembak.

Sementara itu, Ketua Tim Dalprog Letkol Inf A T Chris Hardjoko mengungkapkan, pembangunan Kodim Siak ini sudah dibahas di Kodam I/Bukit Barisan. Namun, saat ini program prioritas dari TNI adalah peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga minimnya anggaran TNI.

Tetapi jika Pemkab Siak mau menghibahkan lahan dan bangunan, pihaknya akan segera menindaklanjutinya.

"Saat ini program prioritas TNI adalah peremajaan alutsista, oleh karena itu anggaran untuk pembangunan sementara ditunda dulu. Dengan adanya bantuan hibah dari Pemkab Siak ini kami akan segera menindaklanjuti dan ini patut disyukuri agar nantinya di Siak sudah berdiri markas kodim sendiri," jelasnya.

Dalam acara itu tampak juga hadir, Kabag Pertanahan Romy Lesmana, dan Perwira penghubung Mayor Inf Sumarno. Selanjutnya rombongan dibawa untuk melihat lokasi rencana pembangunan Kodim Siak di pinggir jalan arah ke Tumang samping Taman Makam Pahlawan dengan luas lahan seluas 5,1 hektar. ***

wwwwww