Home > Berita > Riau

Pipa Minyak Bocor, Dinas LHK Kabupaten Kepulauan Meranti Minta PT Energi Mega Persada Bersihkan Limbah

Pipa Minyak Bocor, Dinas LHK Kabupaten Kepulauan Meranti Minta PT Energi Mega Persada Bersihkan Limbah

Pipa milik perusahaan PT Energi Mega Persada (EMP) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, mengalami kebocoran. (foto: sindonews.com)

Minggu, 27 Agustus 2017 13:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Terjadi kebocoran di salah satu pipa milik perusahaan PT Energi Mega Persada (EMP) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Dinas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) meminta perusahaan pengelola minyak itu bertangung jawab untuk membersihkan limbah.

Kepala Dinas LHK Kepulauan Meranti, Hendra Putra menjelaskan, kebocoran pipa minyak milik PT EMP Malacca Starait bisa berdampak pada pencemaran lingkungan. Kebocoran di pipa menyebabkan minyak mentah menyebar.

"Kebocoran minyak terjadi sejak kemarin. Sekarang kebocoran telah teratasi, setelah kita memanggil pihak perusahaan untuk mengatasinya," tegasnya Sabtu (26/8/2017).

Hendra menjelaskan bahwa pipa yang bocor bukan merupakan pipa utama, tetapi pipa kedua. Minyak yang tumpah itu mengumpul di kubangan dan pipa tersebut dalam posisi terbenam di tanah.

Diperkirakan sedikitnya 350 liter minyak mentah itu tumpah dan mencemari lingkungan. Belum lagi limbah yang ikut tumpah.

"Kalau minyak yang tumpah sebagian besar sudah diambil pihak perusahaan. Namun untuk limbah belum diambil. Seharusnya untuk menghindari pencemaran, areal tersebut harus dikikis. Hal itu agar tidak terjadi kerusakan ekosistem di wilayah itu," ucapnya dilansir potretnews.com dari sindonews.com.

Sementara itu Humas PT EMP Argo yang dikomfirmasi terkait kebocoran pipa minyak belum bisa menjawabnya. "Nanti saya cari tahu ke petugas di Meranti," ujarnya. ***

Editor:
Muh Amin

wwwwww