Home > Berita > Siak

Jelang Idul Adha, Ketersediaan Hewan Kurban di Siak Aman

Jelang Idul Adha, Ketersediaan Hewan Kurban di Siak Aman

Ilustrasi (foto: internet)

Sabtu, 26 Agustus 2017 16:32 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Siak, memastikan persedian hewan kurban di daerah setempat untuk menghadapi Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 aman. Apalagi untuk mengantisipasinya, Pemkab Siak telah mendatangkan hewan kurban dari dalam daerah maupun luar daerah Provinsi Riau.

"Stok kita lebih dari cukup, jadi tak ada kendala untuk menghadapi lebaran kurban tahun 2017 ini," kata Kepala Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Siak, Susilawati, kepada potretnews.com, Sabtu (26/8/2017).

Pada 2017 ini, penyembelihan hewan kurban di Siak sebanyak 4300 ekor, terdiri atas 2100 ekor sapi dan 2200 ekor kambing. Sementara kebutuhan hewan kurban diprediksi hanya 1800 ekor sapi dan 1300 ekor kambing.

Susi menyebut, setiap tahunnya ada peningkatan jumlah penyembelihan hewan kurban, untuk itu pihaknya memasok sapi dari luar daerah sebanyak 600 ekor dan dari dalam daerah (Provinsi Riau, red) sebanyak 1500 ekor sapi.

"Itu kita lakukan melihat setiap tahunya ada peningkatan penyembelihan hewan kurban di Siak. Tentunya di tahun ini juga demikian," ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Susi, pihaknya juga akan melakukan pengawalan ketat penjualan sapi di daerah Siak. Ini dilakukan agar sapi yang di jual berkualitas dan tidak meragukan masayarakat. ***

wwwwww