Home > Berita > Siak

Umri Pilih Siak untuk Laksanakan KKN Muhammadiyah Tingkat Nasional pada 2018

Selasa, 22 Agustus 2017 05:38 WIB
Sahril Ramadana
umri-pilih-siak-untuk-laksanakan-kkn-muhammadiyah-tingkat-nasional-pada-2018Seminar hasil KKN-PPM Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan sekaligus edukasi dan literasi keuangan bagi masyarakat di lingkungan Pemkab Siak.
SIAK, POTRETNEWS.com - Sedikitnya 500 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) hadir di lantai 2 Gedung Raja Indra Pahlawan Room, Kantor Bupati Siak untuk mengikuti Seminar Hasil KKN-PPM Umri dan sekaligus edukasi dan literasi keuangan bagi masyarakat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak. Rektor Umri Dr H Mubarak pada kesempatan itu menyampaikan langsung kepada Bupati Siak, Syamsuar bahwa Universitas Muhammadiyah Riau sudah berulang kali diminta sebagai tuan rumah pelaksanaan KKN Muhammadiyah skala nasional.

”Jika tahun depan kami ditunjuk lagi sebagai tuan rumah, maka kami meminta izin kepada Bupati Siak untuk menjadikan Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pelaksanaan KKN Muhammadiyah ini. Bagi kami, Siak ini adalah di hatinya Umri. Program pemerintahnya ada mengena juga dengan tujuan kita di Universitas Muhammadiyah Riau," kata Dr H Mubarak, Senin (21/8/2017).

Kenapa hal itu perlu disampaikan, ujarnya lagi, sebagai perguruan tinggi tentunya tidak akan mampu mengkover kegiatan besar ini tanpa dukungan Pemda. Apalagi peserta se-Indonesia yang akan hadir dalam KKN Muhammadiyah ini sekitar 600 orang.

"Kami juga mengundang Bapak Bupati Siak untuk dapat hadir saat peresmian gedung baru Universitas Muhammadiyah Riau tepatnya di samping Mal SKA Pekanbaru. Umri ini satu-satunya perguruan tinggi di Riau yang memiliki gedung kampus paling tinggi. Acaranya diperkirakan akhir September," katanya lagi.

Wacana menunjuk Kabupaten Siak sebagai pusat kegiatan KKN Muhammadiyah ini disambut baik oleh Bupati Siak, Syamsuar. Karena masing-masing perwakilan dari setiap Universitas Muhammadiyah se-Indonesia akan datang ke Siak, termasuk juga petinggi-petinggi dari Muhammadiyah.

"Tentunya hal ini akan sangat membantu Pemkab Siak dalam mempromosikan pembangunan, pariwisata dan lainnya hal yang menjadi menarik di Kabupaten Siak, termasuk di bidang pendidikan. Kita siap mewujudkan harapan Umri untuk kegiatan KKN Muhammadiyah di Siak," kata Bupati Syamsuar pada kesempatan itu.

Syamsuar juga mendoakan agar Universitas Muhammadiyah Riau ini menjadi salah satu universitas terbaik di Riau. Begitu juga untuk 500 mahasiswa yang sudah menyebar di kampung-kampung di Kabupaten Siak untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

"Potensi yang adik-adik gali di kampung-kampung ini tentunya akan ditindaklanjuti. Adik-adik juga sudah melanjutkan hasil KKN-nya kepada penghulu, camat dan kepala OPD terkait. Tidak hanya mahasiswa Umri saja yang melaksanakan KKN di Siak, ada dari UIN, Unri dan UGM juga," ujar Syamsuar dengan harapan mahasiswa Umri ini berhasil nantinya. ***

wwwwww