Empat Bulan Beraksi, Pelaku Bobol ATM di Pekanbaru, Duri, dan Dumai Diciduk di Medan

Empat Bulan Beraksi, Pelaku Bobol ATM di Pekanbaru, Duri, dan Dumai Diciduk di Medan

Ilustrasi/Identifikasi pembobolan ATM. (foto: detikcom)

Senin, 14 Agustus 2017 12:41 WIB
MEDAN, POTRETNEWS.com - Seorang spesialis pembobol ATM di Medan, Sumatera Utara (Sumut) diciduk polisi. Dia dibekuk setelah beraksi selama 4 bulan di beberapa daerah yang ada di Sumut dan Riau. "Pelaku bernama Dicky Wahyudi (51). Dia merupakan warga Pasaman, Sumatera Barat," kata Kapolsek Medan Area Kompol Hartono dalam keterangannya, Minggu (13/8/2017).

Pelaku ditangkap pada Ahad (13/8/2017) sekira pukul 11.00 WIB di Jalan Bakti, Medan saat tengah mengambil uang di ATM. Penangkapan berdasarkan laporan dari korban bernama Kartika (32), warga Jalan Halat.

"Pada Jumat, 21 Juli 2017, korban hendak mengambil uang di ATM lalu memasukkan kartu ATM. Namun, tidak dapat dimasukkan ke dalam mesin ATM tersebut," ujar Hartono dilansir potretnews.com dari detikcom.

Pelaku yang sudah menunggu korban kemudian datang dan berpura-pura untuk menolongnya. Saat korban lengah, pelaku kemudian langsung mengganti kartu ATM yang telah ia sediakan.

"Kartu ATM-nya itu digantinya. Sebelumnya itu, lubang ATM diganjalnya dengan kertas yang sudah didesainnya. Setelah tidak bisa, korban kemudian pulang," jelasnya. Korban yang merasa curiga kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Medan Area. Dalam penyelidikan, akhirnya pelaku ditangkap.

Dari tangan pelaku, petugas menyita sebuah dompet, sebuah cek, dua buku tabungan, satu unit ponsel, dan 11 kartu ATM.

"Pelaku sudah 4 bulan beraksi di Berastagi, Pematangsiantar dan beberapa tempat di Medan. Kemudian ada di Pekanbaru, Dumai dan Duri. Saat ini kita masih melakukan pengembangan," ujar Hartono. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Hukrim, Umum, Bengkalis, Dumai, Riau
wwwwww