Home > Berita > Riau

Kebakaran di Jambi Nyaris Lalap Kawasan Hutan Taman Nasional Bukittigapuluh di Riau

Kebakaran di Jambi Nyaris Lalap Kawasan Hutan Taman Nasional Bukittigapuluh di Riau

Ilustrasi.

Sabtu, 05 Agustus 2017 15:55 WIB
JAMBI, POTRETNEWS.com - Jambi Sepekan lebih operasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi. Namun begitu, titik kebakaran masih saja terjadi. Bahkan, nyaris melalap kawasan hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Salah satu kabupaten yang menjadi daerah operasi Satuan Tugas (Satgas) Karhutla adalah Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar). Daerah ini diketahui berbatasan langsung dengan kawasan hutan TNBT. Untuk mendeteksi titik api, tim harus melalui berbagai rintangan karena selain jauh, lokasi sulit ditembus menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Terpaksa tim satgas harus jalan kaki berjam-jam. Baru bisa dilakukan pemadaman," ucap Kapolres Tanjabbar, AKBP ADG Sinaga melalui Kepala Bagian Operasional, Kompol Ronal P Nainggolan, Jumat (4/8/2017).

Salah satu lokasi yang cukup sulit dijangkau adalah proses pemadaman titik api pada Senin, 31 Juli 2017, di Dusun Pancuran Gading, Desa Suban, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjabbar. Apalagi, daerah ini berbatasan langsung dengan kawasan hutan TNBT.

Lahan yang terbakar berbentuk bukit dan lereng. Di mana titik api ada di bagian lereng dan atas bukit seluas kurang lebih dua hektar. "Karena tidak bisa dilalui kendaraan tim terpaksa jalan kaki. Kami harus berpacu dengan waktu, jangan sampai meluas ke kawasan hutan TNBT," ujar perwira satu melati di pundak itu, dilansir potretnews.com dari liputan6.com.

Melihat kondisi itu, Nainggolan selalu mengingatkan agar para personel Satgas Karhutla harus selalu semangat dan banyak mengenali wilayah kerjanya. Sebab kondisi di lapangan terkadang berbeda situasinya. Apalagi, wilayah Kabupaten Tanjabbar cukup beragam, mulai dari perbukitan hingga lahan gambut semuanya ada.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi sekaligus Wakil Komandan Satgas Karhutla Jambi, Hamdan mengatakan, sejak 24 Juli 2017, sudah ada 500 kali penyiraman air atau bom air melalui udara menggunakan helikopter.

Beberapa daerah kabupaten yang sudah dibom air untuk memadamkan karhutla adalah Kabupaten Muarojambi, Batanghari, Tanjabbar, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Sarolangun dan sejumlah daerah yang berbatasan dengan Provinsi Riau.

"Total lahan yang terbakar mencapai 357 hektar. 12 hektar di antaranya adalah lahan gambut," ucap Hamdan. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww