Home > Berita > Riau

Kali Pertama Kota Telukkuantan Dapat Adipura, Warga Kuansing Bersukacita

Kali Pertama Kota Telukkuantan Dapat Adipura, Warga Kuansing Bersukacita

Presiden Joko Widodo menyalami Bupati Kuansing Mursini, Rabu (2/8/2017).

Sabtu, 05 Agustus 2017 10:23 WIB
Teddy
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Kota Telukkuantan Kabupaten Kuantan Singingi berhasil meraih penghargaan Adipura tahun 2017. Sang bupati, Drs H Mursini MSi menerima langsung penghargaan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, Rabu (2/8/2017) di Jakarta.di Plaza Ir Soejono Manggala Wanabakti Jakarta. Penghargaan tersebut diberikan setelah Telukkuantan terpilih sebagai kota kecil terbersih di Indonesia. Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kuansing. Sebab, keinginan untuk mendapatkan piala adipura sudah lama diidamkan.

Adipura merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada kabupaten/kota yang dinilai telah berhasil mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance). Rencananya piala Adipura 2017 akan diarak di Kota Telukkuantan pada 5 Agustus 2017.

Sebelum meraih piala Adipura 2017, Bupati Mursini dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) menggelar ekspos di hadapan tim penilai Adipura tahun 2017 di Hotel Sultan Jakarta pada 9 Juni 2017 lalu.

Dalam ekspos Kabupaten Kuantan Singingi dipaparkan gambaran umum Kuansing, visi geo strategis Kuansing, visi dan misi Kuansing, visi misi terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kebijakan serta program implementasi pembangunan berkelanjutan dan pembangunan lingkungan hidup.

Tak pelak, penghargaan yang diterima Telukkuantan mereka mendapat apresiasi dari warga. ”Kita ucapkan selamat kepada pemerintah, terutama Dinas Lingkungan Hidup yang telah berjuang sejak lama untuk mendapatkan penghargaan tertinggi ini," kata Dimas, 36, warga Singingi Hilir.

Warga Tanjungpinang asal Kabupaten Kuantan Singingi, Yusfreyendi, 38, juga ikut bersukacita atas penghargaan kota terbersih untuk Telukkuantan.

"Keberhasilan Kota Telukkuantan meraih Adipura membuat tanggung jawab moral semakin berat. Karena, ke depan kita tidak lagi mengejar Adipura, tapi bagaimana mempertahankannya. Semoga, Kuansing tetap bisa mempertahankan pada tahun-tahun berikutnya," ucap pria yang akrab disapa Yendi itu.

Sementara itu, selain diberikan kepada Kota Telukkuantan, Kabupaten Kuansing, penghargaan Adipura tahun 2017 juga diberikan kepada 15 kabupaten/kota lainnya yakni Kota Depok (Jawa Barat), Kota Muntilan, Kabupaten Magelang (Jawa Tengah), Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Sumatera Selatan).

Kemudian, Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Kalimantan Selatan), Kota Subang, Kabupaten Subang (Jawa Barat), Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Kepulauan Bangka Belitung), dan Kota Muaranungo, Kabupaten Bungo (Jambi).

Selanjutnya, Kota Kajen, Kabupaten Pekalongan (Jawa Tengah), Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah), dan Kota Suwawa, Kabupaten Bone Bolango (Gorontalo).

Lalu, Kota Luwuk, Kabupaten Banggai (Sulawesi Tengah), Kota Padang, Kota Sawahlunto (Sumatera Barat), dan Kota Kotabumi Kabupaten Lampung Utara (Lampung). ***

wwwwww