Home > Berita > Riau

Perlu Lima Hari Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Saif Desa Buluhmanis Bengkalis

Perlu Lima Hari Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Saif Desa Buluhmanis Bengkalis

Ilustrasi kebakaran hutan. (foto: reuters)

Jum'at, 28 Juli 2017 17:41 WIB
BENGKALIS, POTRENEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Jalan Saif Dusun Pagambang Desa Buluhmanis, Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Riau. Kebakaran ini sudah berlangsung lima hari. Puluhan personel gabungan TNI, Polri, Damkar, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) masih terus berusaha melakukan pendinginan lahan pasca pemadaman.

Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni mengatakan, untuk menuju lokasi kebakaran, petugas mesti menempuh jalan yang sulit dengan berjalan kaki. Selain itu, terik mentari dan angin kencang membuat petugas sempat kewalahan.

"Tapi akhirnya api berhasil dipadamkan tim gabungan bersama, antara TNI Polri, masyarakat dan manggala agni. Lahan yang terbakar ini jenis gambut, jadi butuh waktu lama untuk dipadamkan. Lahan yang terbakar sekitar 20 hektar," kata Abas, Jumat (28/7/2017), dilansir potretnews.com dari merdeka.com.

Api juga melahap lahan milik masyarakat yang sebagian ditanami kelapa sawit. Puluhan personel gabungan masih bertahan di lokasi yang terbakar.

"Sampai sekarang petugas masih di lapangan. Mudah-mudahan hari ini dapat padam total dengan dibantu helikopter yang melakukan water bombing di lokasi," jelasnya. Untuk menangkap para pelaku pembakaran hutan dan lahan tersebut, Abas tancap gas. Timnya sudah memeriksa para saksi dan melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Dua orang saksi tengah kita lakukan pemeriksaan, An (57) dan HR (35) keduanya warga Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis. Kemarin kita juga melakukan tangkap tangan seorang warga yang kedapatan membakar lahan," kata Abas.

Abas tak bosan mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, cara ini dapat merugikan semua orang dan sanksinya cukup berat yakni ancaman hukuman penjara. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww