Home > Berita > Riau

Kebakaran Lahan di Riau Disengaja dan Terstruktur, Pondok Ini Jadi Buktinya

Kebakaran Lahan di Riau Disengaja dan Terstruktur, Pondok Ini Jadi Buktinya

Citraan langit lahan terbakar di Mandau Riau (Foto: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho)

Rabu, 26 Juli 2017 12:42 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan yang menjadi persoalan reguler di Indonesia diduga sebagian di antaranya dilakukan dengan sengaja. Ini buktinya.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho memasang gambar terbakarnya lahan di Riau di akun Twitter-nya. Gambar tersebut diambil dari udara.

Dari gambar yang dipasangnya, terlihat ada lahan yang terbakar. Asap akibat kebakaran tersebut pun membumbung tinggi.

Dilansir potretnews.com dari detikcom, gambar tersebut diberi keterangan oleh Sutopo soal pola penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Menurutnya, pola terbakarnya lahan di Riau sudah terstruktur yaitu diduga karena adanya kesengajaan dibakar.

"Kebakaran hutan dan lahan di Mandau Riau. Ada pondoknya. Pola terstruktur. Penyebab: disengaja dibakar," tulis Sutopo sebagaimana dilihat di akunnya, Rabu (26/7/2017).

Dia memberikan lingkaran merah di sebuah objek berwarna putih di gambar tersebut. Diduga objek berwarna putih ini ialah pondokan tersebut. Pondokan tersebut berada di ujung sebelah kiri dari zona terbakar. Pondokan itu sama sekali tidak tersentuh api.

Di gambar tersebut juga tampak keterangan waktu gambar tersebut diambil. Gambar tersebut diambil dari helikopter Sikorsky S-61 pada hari ini pukul 07.46 WIB. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww