Home > Berita > Siak

Tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Batam, 252 JCH Kabupaten Siak Resmi Dilepas Syamsuar

Tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Batam, 252 JCH Kabupaten Siak Resmi Dilepas Syamsuar

Syamsuar saat memberikan kata sambutan.

Selasa, 25 Juli 2017 17:15 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Bupati Siak Syamsuar secara resmi melepas 252 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Siak tahun 1438 H/2017 M, di Mesjid Agung Sultan Syarif Hasyim, Selasa (25/7/2017). JCH Kabupaten Siak yang berangkat ke tanah suci ini, tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 Embarkasi Batam. Rencananya, mereka akan meninggalkan Siak melalui pelabuhan Buton tanggal 3 Agustus 2017 mendatang.

Kepala Kemenag Siak Muharom mengatakan, JCH ini awalnya berjumlah sebanyak 254 orang. Namun, karena 1 orang meninggal dunia dan 1 orang lagi menunda keberangkatan, maka totalnya menjadi 252 orang. 

"Jemaah termuda pria yakni Dr Hendri bin Abdul Malik yang berumur 34 tahun asal Kecamatan Siak, dan jemaah termuda wanita adalah Sri Windari berumur 35  tahun dari Koto Gasib. Sementara jemaah tertua pria berumur 83 tahun, dan jemaah tertua wanita berumur 77 tahun dari Kecamatan Bungaraya,"kata dia.

Sementara Bupati Syamsuar mengatakan, selaku pemerintah daerah, pihaknya berkewajiban untuk memberikan arahan, bimbingan dan fasilitasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak yang akan menunaikan ibadah haji, sehingga seluruh proses dan rangkaian pelaksanaaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

“Kita patut bersyukur, karena Kabupaten Siak termasuk daerah yang masyarakatnya memiliki animo yang sangat tinggi dalam menunaikan ibadah haji. Hal ini terbukti dengan tingginya daftar tunggu yang ada dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Kementerian Agama,” ungkapnya.

Untuk itu Bupati mengingatkan, agar jemaah dapat menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup, hindari makan dan minum di sembarang tempat. Menurut informasi yang diterimanya Negara Yaman yang berdekatan dengan Arab Saudi sedang mewabah virus kolera. Untuk itu ia minta, para JCH selalu waspada dan berhati-hati.

Selain itu sambung bupati, ketika telah sampai di tanah suci, hendaklah perbanyak ibadah dan doa untuk keberkahan negeri Siak, Riau dan bangsa Indonesia. Ia pun berharap, para jemaah mendoakan para pemimpin negeri agar selalu sehat dan dimudahkan dalam menjalan amanah. 

Senada, Kepala Seksi Urusan Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Muhyaruddin juga mengatakan, orang yang baru berangkat haji disarankan untuk tidak berangkat haji lagi. Karena sistem aplikasi Siskohat akan menolaknya, sistem ini akan menerima kembali 10 tahun yang akan datang. 

Dijelaskannya, rincian data JCH Kabupaten Siak per-kecamatan antara lain, Kecamatan Tualang 37 orang, Kerincikanan 39 orang, Dayun 49 orang,  Bungaraya 8 orang, Siak 25 orang termasuk tim kesehatan dan pendamping, Mempura 7 orang, Sungai Apit 25 orang, Pusako 2 orang, Minas 7 orang, Kandis 8 orang, Lubukdalam 17 orang, Kotogasib 8 orang, dan Sabak Auh sebanyak 20 orang. 

Dalam acara ini, selain dihadiri Bupati Syamsuar, terlihat juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Tengku Said Hamzah, sejumlah pimpinan perangkat daerah, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Siak. ***

wwwwww