Home > Berita > Riau

Tiba di Gedung Daerah Riau Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2017, Jokowi Disambut Polisi Cilik

Tiba di Gedung Daerah Riau Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2017, Jokowi Disambut Polisi Cilik

Jokowi menghadiri peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau. (foto: antara)

Minggu, 23 Juli 2017 10:52 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau. Didampingi Ibu Negara Iriana, Jokowi tiba di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau sekitar pukul 08.00 WIB. Keduanya disambut atraksi dari polisi cilik dan sejumlah permainan tradisional oleh anak-anak Riau. Terdapat tiga ribu anak Indonesia yang menghadiri perayaan tersebut.

Dilansir potretnews.com dari Antara via cnnindonesia.com, sejumlah menteri Kabinet Kerja juga tampak hadir mendampingi Jokowi, yakni Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sekretariat Kabinet Pratikno, Kepala Badan Kreatif Indonesia, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan istri.

Presiden pun disambut permintaan swafoto dan bersalaman oleh anak-anak. Tema Hari Anak 2017 adalah "Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga" dengan pesan utama: Saya Anak Indonesia, Saya Gembira.

Tema itu dilatarbelakangi perlunya kesadaran keluarga Indonesia untuk mengasuh anak. Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak.

Di sisi lain, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut saat ini sedikitnya ada 23 ribu lebih kasus yang berkaitan dengan anak. Dari puluhan ribu kasus tersebut, didominasi anak berhadapan dengan kasus hukum, termasuk kasus bullying.

Berkaitan dengan itu, pemerhati perempuan dan anak Giwo Rubianto Wiyogo meminta orang tua lebih memberi perhatian pada pola pengasuhan dan lingkungan anak, agar tidak menjadi pelaku bullying atau perundungan di masa depan.

"Orang tua harus memperhatikan pola pengasuhan anak. Anak harus dididik dengan penuh kasih sayang dan juga etika moral yang baik," ujar Giwo di Jakarta, Ahad (23/7/2017).

Menurut Giwo, anak yang dididik dengan kasih sayang, ditanamkan nilai-nilai agama dan berakhlak mulia, tidak akan mudah terpengaruh dengan lingkungan di sekitarnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww