Aha! Begini Lho Cara Mengolah dan Menyimpan Ikan Higienis

Aha! Begini Lho Cara Mengolah dan Menyimpan Ikan Higienis

Lailiyana memaparkan bagaimana cara mengolah dan menyimpan ikan yang baik.

Kamis, 20 Juli 2017 22:33 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Lailiyana Dosen Gizi Poltekkes Kemenkes Provinsi Riau, memaparkan bagaimana cara mengolah dan menyimpan ikan yang baik kepada para peserta Sosialisasi Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di Gedung Wanita, Kamis (20/7/2017).

Dikatakannya, secara umum orang yang mengolah ikan atau makanan sebaiknya adalah orang yang bersih (higienis) dan sehat. Sebab jika dalam keadaan sakit, bisa menularkan penyakitnya pada makanan tersebut.

Selain itu kata dia, tempat mengolah ikan tersebut harus bersih dan higienis, harus ada air yang mengalir, kemudian sangat dianjurkan lantai keramik dan berventilasi yang cukup.  Usahakan makanan yang sudah dimasak di letakkan pada wadah berbahan kaca, hindari yang berbahan plastik. 

Kemudian mantan bidan Puskesmas Bukit Batu Dumai itu memberikan tips cara memasak ikan yang benar. Antara lain, dengan memastikan ikan dalam keadaan kering, panas yang tidak terlalu tinggi, tidak terlalu lama memasak ikannya, selanjutnya dianjurkan mengolahnya dengan cara di kukus, direbus dan dibakar. 

Tak lupa ia menjelaskan cara menyimpan ikan yang baik, yaitu dengan cara ikan dibersihkan dahulu kemudian dimasukan kedalam freezer. Disimpan dalam keadaan kering dan dipeking dalam keadaan tidak ada udara.

"Bila disimpan di non freezer paling lama sampai 2 hari, upayakan jangan lebih dari 3 hari. Kemudian, sebaiknya jangan didekatkan dengan makanan manis, es krim yang tidak tertutup, atau biskuit, karena bisa mempengaruhi aroma pada ikan tersebut,"kata dia.

Ditempat sama, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati, mengatakan, mulai di bentuknya Forikan tahun 2013 lalu, hingga saat ini telah membuat prestasi yang membawa harum nama kabupaten.

"Hal itu sejatinya sebagai cambuk bagi kita bersama, karena kita juga harus dapat mengaplikasikannya ke masyarakat. Untuk itu kita berharap ibu-ibu pengurus agar bisa menularkan ilmunya ditengah masyarakat,"ujarnya. ****

Kategori : Lingkungan, Umum, Siak, Riau
wwwwww