Home > Berita > Siak

Berikut Potret Sejumlah Tempat-tempat Wisata di Kabupaten Siak

Berikut Potret Sejumlah Tempat-tempat Wisata di Kabupaten Siak

Tulisan Siak Sri Indrapura di lapangan depan panggung Siak Bermadah.

Senin, 10 Juli 2017 18:58 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau saat ini terus menggalakan sektor pariwisata yang di harapkan mampu menambah PAD untuk daerah. Secara statistik, jumlah pengunjung wisatawan lokal, wisatawan luar daerah hingga wisatawan mancanegara setiap tahunnya terus mengalami kenaikan.

"Setiap tahunnya pengunjung yang datang ke Siak mengalami kenaikan secara signifikan baik dari wisatawan lokal hingga internasional. Kami juga akan terus mengembangkan sektor pariwisata lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Siak sebelumnya, Hendrisan.

Pemerintah Kabupaten Siak juga terus memberikan fasilitas dan terus membangun infrastruktur sebagai penarik minat wisatawan. Salah satunya kata dia, Tepian Bandar Sungai Jantan Siak yang berada tepat di tepi sungai jantan Siak Sri Indrapura.

Tepian Bandar Sungai Jantan yang rampung pengerjaannya pada akhir tahun 2016 lalu, saat ini menjadi tempat wisata baru andalan Kabupaten Siak, karena memiliki panjang hingga 885 meter mulai dari Kelenteng China hingga Mesjid Syahbuddin.

Sesuatu yang menarik dari tepian Bandar Sungai Jantan ini, karena adanya gazebo unik dengan kubah berwarna putih yang hingga kini di jadikan tempat berfoto baik foto selfie maupun grupie keluarga dan sahabat.

Sedangkan di lapangan tepatnya di depan panggung Siak Bermadah terdapat tulisan Siak Sri Indrapura berwana putih dan bila kita bermalam di sana suasana hangat sangat terasa karna lampu dari tulisan tersebut.

Lokasi ini paling diburu wisatawan lokal untuk mengambil latar dalam sebuah sesi pemotretan. Di seberang sungainya juga memancar cahaya lampu-lampu jembatan kupu-kupu, yang menyempurnakan kelap-kelip cahaya di kota bekas Kerajaan Siak itu.

Kepala dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pemukiman Rakyat (PU Tarukim) Irving Kahar mengatakan, pendestrian baru di Siak Sri Indrapura itu semakin komplit dengan kawasan istana, air mancur bergoyang, Mesjid Syahbuddin, serta lapangan dan panggung Siak Bermadah.

Satu yang paling baru di lapangan ini adalah tugu dengan lambang kerajaan. Tugu tersebut merupakan gambaran sejarah penyerahan kedaulatan Kerajaan Siak oleh Sultan Syarif Kasim II kepada Presiden Pertama RI Ir Sukarno tahun 1946 silam.

"Di puncak itu lambang Kerajaan Siak, yang terbuat dari perunggu. Di lingkaran bagian bawah ada relief yang menceritakan perjuangan Sultan Syarif Kasim II sejak kecil hingga menempuh perjuangan dan ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan RI," ujar Irving.

Tugu yang tampak ciamik dengan Istana Matahari Timur itu dibuat oleh perupa Himawan Dwi Prasetyo, lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Hery Maizul, lulusan Seni Patung ISI Yogyakarta dan Dwi Kustianingrum, arsitektur lulusan ITB Bandung. Tugu ini dibuat dengan dimensi patung 3,5 x 4 meter berbahan perunggu. ***

Berikut Potret Sejumlah Tempat-tempat Wisata di Kabupaten Siak:

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12072017/potretnewscom_9wv9g_944.jpg
Tugu lambang Kerajaan Siak. Tugu ini merupakan gambaran sejarah penyerahan kedaulatan Kerajaan Siak oleh Sultan Syarif Kasim II kepada Presiden Pertama RI Ir Sukarno tahun 1946 silam.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12072017/potretnewscom_vuj4e_945.jpg
Tepian Bandar Sungai Jantan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12072017/potretnewscom_7jagt_946.jpg
Gazebo unik dengan kubah berwarna putih yang hingga kini di jadikan tempat berfoto baik foto selfie maupun grupie keluarga dan sahabat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12072017/potretnewscom_c4pv6_947.jpg
Akses masuk Tepian Bandar Sungai Jantan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12072017/potretnewscom_wcsrw_948.jpg
Sungai Jantan yang menawan.

Kategori : Siak, Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww