Home > Berita > Siak

Didampingi Dandim 0303/Bengkalis, Bupati Siak Serahkan Bantuan 10 Unit Traktor Roda Empat ke Petani Kampung Jayapura

Didampingi Dandim 0303/Bengkalis, Bupati Siak Serahkan Bantuan 10 Unit Traktor Roda Empat ke Petani Kampung Jayapura

Bupati Siak H Syamsuar memberikan bantuan secara simbolis.

Selasa, 04 Juli 2017 16:15 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pagi tadi, didampingi Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi, Bupati Siak H Syamsuar menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berjenis traktor empat roda (four wheel tractor) sebanyak 10 unit ke petani Kampung Jayapura, Kecamatan Bungaraya, Siak, Riau, Selasa (4/7/2017). Pengurus Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) daerah itu Aris Sugandi tak dapat menyembunyikan rasa harunya karena telah mendapatkan bantuan tersebut.

"Kami terharu, karena banyaknya bantuan yang telah diberikan kepada kami. Bahkan tak terbilang lagi saking banyaknya,” ujarnya dia.

Dikatakannya, mengenai penanaman padi di daerahnya sejatinya sudah sangat luas. Bahkan sudah melebihi target nasional maupun provinsi. "Ini semua tak luput dari kerjasama dinas terkait dan TNI dalam memajukan usaha tani serta dapat menciptakan suasana manunggaling TNI dengan petani,"tuturnya.

Mengenai hal itu, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi mengatakan, dengan terealisasikannya bantuan traktor sebanyak 10 unit tersebut, tentunya sangat membantu petani yang ada di Kabupaten Siak khususnya di Kecamatan Bungaraya.

"Ini salah satu bentuk upaya kerja keras kita bersama, kalau masyarakat makmur, maka bakalan enak ngatur negara. semoga keberhasilan pertanian di Siak ini bisa semakin baik,”ungkap Rizal.

Sebelumnya, Bupati Siak bersama Dandim dan Kepala Dinas Pertanian melalukan panen perdana di lahan seluas 74 hektar milik dua kelompok tani di daerah itu. Hasil panen tersebut mencapai 6 ton dalam satu hektarnya. Rencananya panen padi untuk se-Kecamatan Bungaraya ini, akan dilakukan dengan total luas lahan 2.202 hektar.

Dengan diberikannya bantuan tersebut, Bupati Syamsuar berharap para petani bisa mengerjakan sawahnya dengan baik. Karena kata dia, pemerintah akan selalu berupaya untuk memberikan bantuan kepada petani demi meningkatkan produksi padi. Karena ini juga menyangkut ketahanan pangan di daerah.

Untuk itu ia berharap, dengan adanya bantuan itu dapat memberikan dampak yang baik terhadap kemajuan dan pemanfaatan secara maksimal dalam meningkatkan produksi padi di daerah Kabupaten Siak.

"Kita patut mensyukuri dan menjaga bersama-sama, jangan sampai adanya impor pangan lagi. Selain itu jangan ada alih fungsi lahan, apa lagi mengenai hal ini kita sudah ada peraturan daerah (Perda) yang mengaturnya. Jadi ini harus kita jaga agar tidak adanya salah fungsi lagi terhadap lahan pertanian di Siak khususnya di Kecamatan Bungaraya," kata Syamsuar.

Selain Bupati dan dandim, dalam kesempatan ini juga dihadiri Camat Bungaraya, Camat Sabak Auh, Camat Sungai Apit, Camat Pusako, jajaran dinas pertanian, penyuluh lapangan, Penghulu se-Kecamatan Bungaraya, tim Dokter dari Puskesmas Bungaraya, jajaran Kodim 0303 Bengkalis serta para gabungan kelompok tani di daerah itu. ***

wwwwww