PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Satgas Karhutla Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Rokan Hilir

Satgas Karhutla Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Rokan Hilir

Ilustrasi/Operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan. (foto: internet)

Jum'at, 30 Juni 2017 11:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau masih terus berupaya memadamkan lahan terbakar di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)."Sejak kemarin tim kami langsung turun setelah mendapat laporan ada lahan yang terbakar di Bagansinembah (Rohil)," kata Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Jumat (30/6/2017).

Dia menjelaskan, tim satgas karhutla itu hingga hari ini terus bekerja untuk memastikan titik api yang membakar lahan di wilayah Bagansinembah benar-benar padam.

Dikarenakan, lanjutnya, api yang membakar sekitar delapan hektar di salah satu wilayah Rokan Hilir tersebut merupakan lahan gambut.

Ads
Seperti diketahui, total luas daratan Riau sekitar 8,9 juta hektar, 49 persen atau 4,36 juta hektar di antaranya merupakan hutan dan lahan bergambut yang rentan terbakar pada musim kemarau.

"Tim satgas darat dulu yang kami terjunkan untuk memantau api di lahan gambut," ucapnya dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Pada Kamis kemarin dilaporkan, lahan seluas delapan hektar terbakar di Kecamatan Bagansinembah, Rokan Hilir tidak bisa dipadamkan oleh tim yang berada di darat.

Satgas Karhutla Riau memutuskan mengerahkan tiga helikopter untuk melakukan water bombing atau pengeboman air dari udara sekitar lahan yang terbakar.

"Bila masih terdapat bara api, maka tim darat dan udara bersama-sama memadamkan dengan berbagai cara termasuk water bombing," kata Edwar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebelumnya telah memperpanjang status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan hingga November 2017, setelah berakhir pada 30 April tahun ini. ***

Editor:
Farid Mansyur

loading...
Kategori : Peristiwa, Umum, Rohil
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww