PotretNews.com Rabu 21 November 2018
Home > Berita > Umum

Golopuang Santan Karam, Olahan Klepon Unik Khas Provinsi Riau

<i>Golopuang Santan Karam</i>, Olahan Klepon Unik Khas Provinsi Riau

Golopuang santan. (foto: instagram)

Kamis, 29 Juni 2017 16:52 WIB
PEKANBARU, POTRETNEW.com - Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner tradisional bernama klepon. Jajanan pasar ini memang cukup dikenal berkat rasa gurihnya yang unik.Seperti diketahui, makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil, lalu diisi oleh cairan gula merah atau gula jawa, kemudian direbus dalam air mendidih.

Setelah matang, klepon disajikan dengan parutan kelapa. Namun tahukah Anda, beberapa daerah di Indonesia ternyata memiliki cara tersendiri dalam mengolah hidangan tersebut. Salah satunya adalah Provinsi Riau.

Dilansir potretnews.com dari okezone.com yang memberitakan sebuah foto yang diunggah oleh akun Instagram, @yul_achyar, klepon khas Riau ternyata disajikan bersama kuah santan kental.

Ads
Namanya pun sangat unik yakni, golopuang sampan karam. Pemilihan namanya didasari dari tampilannya yang menggugah selera. Golopuang dihidangkan di atas daun pisang yang dibentuk seperti sampan (perahu), kemudian diisi dengan kuah santan.

Sekilas, hidangan ini memang terlihat seperti sampan yang sedang karam atau tenggelam. Unik bukan? ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum, Riau
wwwwww