PotretNews.com Kamis 22 Februari 2018
Home > Berita > Umum

Kacang Pukul Khas Bagansiapiapi Ini Cocok Dibawa Pulang sebagai Oleh-oleh Balik Mudik dari Riau

Kacang Pukul Khas Bagansiapiapi Ini Cocok Dibawa Pulang sebagai Oleh-oleh Balik Mudik dari Riau

Kacang Pukul.

Rabu, 28 Juni 2017 13:53 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Pulang kampung ke Riau saat Idul Fitri bakal menjadi hari yang menyenangkan karena bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.Tapi saat balik lagi ke tanah rantau, jangan lupa membawa oleh-oleh. Banyak pilihan oleh-oleh makanan yang siap dibawa pulang dan dibagikan ke tetangga atau teman-teman.

Salah satu yang siap jadi tentengan adalah kacang pukul, camilan manis khas Riau yang banyak diproduksi di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Camilan ini mirip dengan ting-ting khas Jawa. Kacang pukul juga terbuat dari kacang tanah yang dicampur gula kemudian ditumbuk dan dibentuk sesuai selera. Bedanya camilan ini punya tekstur yang lebih padat dan memiliki rasa manis yang khas.

Ads
Dilansir potretnews.com dari okezone.com, ada sejarah di balik kacang pukul, dulu makanan ini dibuat oleh masyarakat keturunan Tionghoa Bagansiapiapi secara turun-menurun. Sekarang makanan ini jadi salah satu oleh-oleh khas yang tak pernah absen dibawa oleh wisatawan.

Tidak sulit menemukan kacang pukul di Pekanbaru Riau. Cukup sambangi pusat oleh-oleh lalu cari rak yang seluruh bagian isinya kacang pukul. Karena termasuk makanan kering, kacang pukul termasuk yang awet disimpan dalam jangka waktu lama, jadi jangan takut basi saat dibawa pergi jauh dari Riau. ***

Editor:
Akham Sophian

loading...
Kategori : Umum, Riau, Rohil
wwwwww