PotretNews.com Kamis 22 Februari 2018
Home > Berita > Riau

Arus Mudik Tujuan Riau Daratan Naik 6,7 Persen, Didominasi Para Pekerja dari Malaysia ke Kampung Halamannya Selatpanjang

Arus Mudik Tujuan Riau Daratan Naik 6,7 Persen, Didominasi Para Pekerja dari Malaysia ke Kampung Halamannya Selatpanjang

Ilustrasi.

Selasa, 27 Juni 2017 16:27 WIB
BATAM, POTRETNEWS.com - Arus mudik H-3 di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun, kemarin (22/6/2017) tujuan Riau Daratan terjadi peningkatan mencapai 6,7 persen dibandingkan tahun 2016 lalu di hari yang sama.Secara keseluruhan, baik dari penumpang International dari Singapura dan Malaysia maupun Karimun sendiri menuju ke berbagai daerah di Provinsi Riau mencapai 45.108 orang.

”Rata-rata mereka pulang tujuan Selatpanjang, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru. Mereka didominasi para pekerja dari Malaysia ke kampung halamannya Selat Panjang,” kata Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, M Syafrizal, dilansir potretnews.com dari batampos.co.id.

Lanjutnya, dari data tahun 2016 lalu di H-3 penumpang yang naik mencapai 42.257 orang. Sedangkan, tahun ini terjadi kenaikan 45.108 orang. Sementara itu penumpang yang turun di pelabuhan Tanjungbalai Karimun, baik dari Singapura maupun Malaysia serta daerah lokal terjadi penurunan ditahun lalu. Yaitu pada tahun 2016 sebanyak 50.252 orang dan tahun ini 45.108 orang.

Ads
”Kalau yang turun di pelabuhan Tanjungbalai Karimun sedikit penurunannya, baik dari luar negeri maupun lokal. Kemungkinan puncaknya hari ini dan besok, berbarengan libur para pegawai dan pekerja,” ungkapnya.

Terpisah Ketua DPC INSA Karimun Bustami Datuk Raja Marah ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya ada penambahan kapal satu tujuan Selatpanjang. Dengan dioperasikan satu kapal tujuan Selat Panjang dalam satu hari, bisa mengangkut calon penumpang dua trip.

”Kita lihat situasi, seperti kemarin. Calon penumpang tujuan Selatpanjang cukup membludak, sehingga kita operasikan satu kapal. Alhamdulillah, semua dapat terangkut semuanya,” tuturnya.

Sedangkan, satu kapal lagi standby sewaktu-waktu dapat dioperasikan ke berbagai tujuan. Artinya, dari INSA Karimun sudah melakukan koordinasi ke pengelola kapal. Untuk mengantisipasi membludaknya calon penumpang yang akan berangkat. ”Secara umum sih, semua dapat di berangkatkan calon penumpang ke berbagai tujuan,” jelasnya.

Pantauan di pelabuhan, calon penumpang yang baru tiba dari Malaysia langsung menuju ke lokel kapal domestik untuk membeli tiket langsung pulang ke kampung halaman. Sementara informasi yang dihimpun, kapal tujuan Kukup Malaysia pada Lebaran pertama tidak beroperasi. ***

Editor:
Akham Sophian

loading...
Kategori : Riau, Meranti, Umum
wwwwww