PotretNews.com Kamis 22 Februari 2018
Home > Berita > Riau

Inilah Kudapan di Riau yang Berasal dari Akulturasi Kebudayaan India dan Melayu Sumatera

Inilah Kudapan di Riau yang Berasal dari Akulturasi Kebudayaan India dan Melayu Sumatera

Roti Jala khas Riau. (foto: juwitahsu)

Kamis, 22 Juni 2017 09:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Meski tidak sepopuler destinasi wisata lain di Indonesia, Provinsi Riau memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan.Selain keindahan alamnya yang begitu memesona, Riau juga memiliki kuliner tradisional yang bisa membuat lidah bergoyang.

Nah, jika dalam waktu dekat ini Anda berencana liburan ke Riau, berikut beberapa rekomendasi kuliner tradisional yang wajib Anda cicipi, sebagaimana dilansir potretnews.com dari okezone.com yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/6/2017).

Salah satu makanan khas Pekanbaru yang wajib Anda cicipi adalah roti jala. Kudapan ini merupakan jajanan yang berasal dari akulturasi kebudayaan India dan Melayu Sumatera. Namun kini Anda bisa menikmatinya di Kota Pekanbaru.

Ads
Dinamakan roti jala karena bentuknya seperti jaring-jaring atau jala. Hidangan ini disajikan bersama kuah khas melayu dengan cita rasa rempah-rempah yang sangat kuat.

Roti canai
Meski roti canai yang dikenal sebagai makanan khas India, di Kota Pekanbaru Anda juga dapat menikmati olahan roti ini. Karakteristik roti canai khas Pekanbaru adalah bentuknya yang bulat. Secara umum, roti canai dihidangkan dengan kuah kari nan lezat, sehingga cocok disantap bersama secangkir teh hangat.

Keripik nanas
Jika biasanya nanas digunakan sebagai bahan pembuatan rujak, di Riau nanas justru diolah menjadi sajian keripik yang lezat dan mengundang selera. Keripik nanas bahkan telah menjadi oleh-oleh khas Riau yang paling populer khususnya di kalangan wisatawan. Bagaimana tidak? Perpaduan cita rasa manis dan sensasi renyahnya bisa membuat siapa saja ketagihan. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

loading...
Kategori : Riau, Umum
wwwwww