PotretNews.com Senin 19 Februari 2018
Home > Berita > Siak

Pascabanjir, Pemkab Siak Sediakan Posko Kesehatan Gratis di Kecamatan Tualang

Pascabanjir, Pemkab Siak Sediakan Posko Kesehatan Gratis di Kecamatan Tualang

Bupati Siak H Syamsuar (peci putih) duduk di samping penghulu kampung (peci hitam) saat berada di posko kesehatan. (ist)

Sabtu, 17 Juni 2017 14:12 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Setelah dilanda banjir selama kurang lebih satu pekan terakhir, genangan air masih tersisa disejumlah lokasi disebabkan menjadi sumber penularan penyakit bagi warga Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.Terbukti salah seorang anak yang terkena musibah banjir itu harus diantar ibunya malam-malam ke posko kesehatan. Indah (12) terlihat pucat karena menderita demam sekujur tubuhnya pasca terjadinya banjir yang diperkirakan merendam 800 rumah warga di daerah itu.

Petugas kesehatan yang berjaga di posko, terkadang tak mengenal waktu. Hingga tengah malam mereka tetap memberikan layanan dengan maksimal.

"Posko kesehatan ini sudah ada sejak hari kamis kemarin, dan ini bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak," kata Dokter Yuliarti, Jumat (16/6/2017) malam.

Ads
Diakuinya, pascabanjir merendam sejumlah rumah di kampung Tualang, dihawatirkan berdampak pada kesehatan warga. “Karena lingkungan terendam banjir, besar kemungkinan akan menimbulkan penyakit. Seperti penyakit mata, sakit perut, penyakit kulit, dan diare,” ujarnya.

Karena itu, warga yang datang berobat kebanyakan dari kaum ibu-ibu, namun tidak sedikit juga yang datang dari anak-anak.

Ternyata malam itu, usai melaksanakan kunjungan Safari Ramadan di Kampung Tualang Barat, Bupati Siak H Syamsuar datang bersama rombongan untuk meninjau tiga titik lokasi terjadinya banjir. Lokasi peninjauan dimulai dari RT 06/07 RW 01 Kelurahan Perawang, hingga kelokasi yang terparah di Kampung Tualang.

Bupati yang saat itu didampingi Kadis Kesehatan, Camat Tualang dan Lurah Perawang juga meninjau posko penampungan sementara dan posko kesehatan. Saat tiba di posko, mantan staf ahli Gubernur Riau ini pun langsung menyapa warga, dan menyambut langsung keluh kesah dari masyarakat.

Di hadapan warga, H Syamsuar bilang bahwa ia telah menginstruksikan Kadis PU Tarukim untuk membantu penanganan banjir ini. "Segera di cek wilayah mana yg perlu digali atau ditutup, lakukan koordinasi dengan pihak PT IKPP, jika masuk wilayah perusahaan tersebut," sebut H Syamsuar.

Menanggapi hal itu, terpisah Kadis PU Tarukim Irving Kahar meminta agar pihak PT IKPP untuk mengatur pintu air, dan mengatur out flownya, jadi jika hujan lebat datang, banjir tidak terjadi lagi.

Menurut Irving, fungsikan kembali Sungai Perawang tersebut, sehingga air permukaan yang mengalir ke resapan air di sungai perawang bisa di gerus. Hal itu dilakukan, untuk mencegah pendangkalan dan memangkas pertumbuhan enceng gondok.

"Maka dari itu dari kemarin saya meminta, agar muara sungai dinormalisasikan oleh pihak perusahaan dengan ampibi. Hal tersebut juga belum tuntas dikerjakan, masih ada 2 km lagi," jelas Irving. ***

loading...
wwwwww