PotretNews.com Senin 19 Februari 2018
Home > Berita > Riau

Lima Helikopter Disiapkan untuk Water Bombing Kebakaran Hutan dan Lahan Riau

Lima Helikopter Disiapkan untuk <i>Water Bombing</i> Kebakaran Hutan dan Lahan Riau

Ilustrasi.

Sabtu, 17 Juni 2017 17:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau mendekteksi adanya kebakaran hutan dan lahan di beberapa titik di Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. Untuk penanggulangan sebanyak lima helikopter dikerahkan.Empat helikopter itu melakukan water bombing (memjatuhkan bom air) di titik kebakaran dan satu unit helikopter untuk melakukan patroli udara. Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Sus Rizwar mengatakan bahwa untuk jenis Helikopter S-61 telah melakukan tiga kali sorti di mana total water bombing ada 133 kali.

"Sorti 1 melakukan water bombing sebanyak 43 kali. Sorti 2 sebanyak 72 kali water bombing dan sorti 3 kali 18 kali dengan melakukan pemadaman di Bengkalis dan Dumai," ucap Mayor Rizwar yang juga staf Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Heli jenis Mi-171 yang juga berasal dari BNPB juga melakukan pemadaman di Bengkalis dengan melakukan 1 kali sorti dan melakukan misi water bombing sebanyak 31 kali. Sedangkan heli UR-CMJ Mi-8 melakukan misi sebanyak 2 sorti dengan jumlah water bombing 87 kali di mana sorti 1 sebanyak 35 kali dan sorti 2 sebanyak 52 kali.

Ads
"Untuk heli jenis VN-8427 Mi-172 yang dipiloti Hong Nam dilakukan sebanyak 2 kali sorti. Riciannya adalah sorti 1 sebanyak 43 kali dan sorti 2 dengan jumlah water bombing sebanyak 33 kali," ujarnya.

Sementara untuk heli yang melakukan patroli udara dikerahkan heli jenis Heli BNPB, PK EAH BO-105. Heli ini yang dipakai untuk memantau adanya kebakaran hutan dan mengabarkannya ke Satgas Udara. ***

Editor:
Farid Mansyur

loading...
wwwwww