PotretNews.com Rabu 14 November 2018
Home > Berita > Siak

Mengenal Lebih Jauh Taman Nasional Zamrud di Kabupaten Siak, Danau Rawa Paling Unik di Dunia

Mengenal Lebih Jauh Taman Nasional Zamrud di Kabupaten Siak, Danau Rawa Paling Unik di Dunia

Taman Nasional Zamrud. (foto: internet)

Jum'at, 16 Juni 2017 13:20 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Secara geografis, Indonesia terletak di sebuah wilayah yang sangat strategis yakni, di antara 2 benua dan 2 samudera.Berdasarkan fakta tersebut, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Salah satu potensi nyata yang kini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan adalah Taman Nasional.

Objek wisata alam ini menyuguhkan keindahan alam dengan ciri khas daerah masing-masing, seperti Taman Nasional Ujung Kulon yang saat ini merupakan habitat dari Badak Jawa.

Mengingat fungsi taman nasional yang begitu penting, pemerintah Indonesia terus mengembangkan kawasan pelestarian tersebut di berbagai daerah. Salah satunya adalah Taman Nasional Zamrud di Provinsi Riau.

Ads
Berlokasi di Desa Zamrud, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, kawasan Taman Nasional Zamrud menyuguhkan beragam keindahan alam seindah batu zamrud yang banyak digemari. Danau dan hutan rawanya begitu asri meski airnya berwarna hitam jernih dengan suasana tenang dan menentramkan batin. Tidak hanya itu, di tempat ini ada dua danau yang berdampingan yaitu, Danau Pulau Besar dan Danau Bawah.

Kedua danau ini memiliki air berwarna hitam dan menjadi rumah bagi beragam fauna dan flora langka. Dilansir potretnews.com dari laman Pesona Indonesia via okezone.com, Jumat (16/6/2017), di dalam danau tersebut hidup 14 jenis ikan, 8 di antaranya menjadi komoditas bagi nelayan setempat yakni, sipimping, selais, kayangan, tapah, baung, tomang, balido, gabus, lele, silais, buju, patin, dan gelang.

Namun, ada pula beberapa fauna yang dilindungi seperti harimau sumatera, harimau dahan, beruang madu, napu, monyet ekor panjang, buaya sinyulong, dan masih banyak lagi. Setelah diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada 2016, rencananya pemerintah Kabupaten Siak akan melengkapi Taman Nasional Zambrud dengan berbagai fasilitas pendukung. Salah satunya adalah cable car yang berfungsi membawa wisatawan berkeliling kawasan hutan dan danau. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Siak, Riau, Umum, Lingkungan
wwwwww