PotretNews.com Rabu 21 November 2018
Home > Berita > Riau

Yuk Kenali Bekasam, Olahan Fermentasi Ikan yang Sering Jadi Bumbu Masakan Khas Riau

Yuk Kenali Bekasam, Olahan Fermentasi Ikan yang Sering Jadi Bumbu Masakan Khas Riau

Bekasam khas Riau. (foto: utakatikriau)

Selasa, 13 Juni 2017 14:37 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Mendengar kata bekasam memang cukup menarik perhatian, pasalnya istilah ini tidak begitu familiar di telinga masyarakat. Bekasam sering digunakan sebagai campuran masakan khas di Riau. Kenali yuk apa itu bekasam.Kasam atau bekasam adalah sebuah lauk makanan yang dibuat dari hasil pencampuran ikan dan kepayang yang diawetkan dalam jangka waktu lama dengan teknik fermentasi.

Bekasam banyak digunakan sebagai campuran olahan sayur kasam, salah satu masakan khas Pekanbaru, Riau yang cukup tersohor namanya.

Dilansir potretnews.com dari okezone.com, bekasam biasanya terbuat dari ikan air tawar atau udang. Bekasam bisa jadi campuran dalam masakan namun juga bisa diolah langsung menjadi lauk pauk.

Ads
Olahan bekasam yang cukup terkenal antara lain bekasam goreng, bekasam tumis, campuran sayur atau dijadikan campuran sambal. Awal masyarakat membuat bekasam adalah zaman dulu nelayan tidak banyak menjual hasil tangkapan ikan karena sulitnya transportasi, sementara ikan akan membusuk jika tidak segera diolah.

Hingga munculah ide untuk mengawetkan ikan dengan tujuan agar bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Bekasam diolah dengan cara menggarami ikan kemudian didiamkan hingga terjadi proses fermentasi alami. Prosesnya dilanjutkan dengan menambahkan bakteri asam laktat dan tape kemudian disimpan dalam wadah tertutup rapat selama tujuh hari. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Umum
wwwwww