Home > Berita > Umum

Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan! Satelit Deteksi 5 Titik Api di 4 kabupaten di Riau

Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan! Satelit Deteksi 5 Titik Api di 4 kabupaten di Riau

Ilustrasi/Kebakaran hutan Riau.

Senin, 12 Juni 2017 08:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 9 titik panas di seluruh wilayah Riau. Ini merupakan titik terbanyak dari seluruh provinsi di pulau Sumatera setelah Jambi. Dari jumlah itu, sebanyak 5 titik api terpantau di beberapa kabupaten. "Hari ini terdeteksi 9 titik panas di Riau. Itu tersebar di Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 1 titik, Pelalawan ada 4 titik, Rokan Hulu 2 titik, dan Siak sebanyak 2 titik," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Otto Sukisno kepada merdeka.com Minggu (11/6/2017).

Menurut Otto, dari jumlah titik panas itu, Riau memasuki level confident >70 persen, atau terpantau ada 5 titik api.‎ Di antaranya Kabupaten Indragiri Hilir 1 titik api, Pelalawan ada 2 titik, di Rokan Hulu terpantau 1 titik, sedangkan di Siak ada 1 titik.

"Hari sebelumnya, titik panas juga terdeteksi 9 titik, sedangkan titik api ada 4. Titik api meningkat 1 titik, dari hari sebelumnya. Sedangkan angin umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat dengan kecepatan 05–15 knots atau sekitar 9 hingga 27 kilometer perjam," kata Otto, dilansir potretnews.com dari merdeka.com.

Sedangkan temperatur maksimal cuaca mencapai 32,0 hingga 34 derajat Celcius. Sedangkan temperatur minimal 23 hingga 25 derajat celcius. untuk kelembaban maksimal 90 hingga 97 persen, dan ‎kelembaban minimal 45 hingga 55 persen.

Pada umumnya, cuaca di wilayah Riau adalah cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Riau pada sore atau malam dan dini hari.

"Prakiraan tinggi gelombang laut berlaku di Rokan Hilir antara 0,25 meter hingga 0,5 meter. Di perairan Dumai 0,25 meter hingga 0,5 meter. Di laut Bengkalis 0,25 hingga 0,5 meter, sedangkan di Indragiri Hilir 0,25 m hingga 0,5 m, dan perairan Kepulauan Meranti juga sama, yakni 0,25 m hingga 0,5 m," ucap Sukisno.

Untuk jarak pandang di seluruh Kota dan kabupaten terpantau normal. Di Pekanbaru jarak pandang mencapai 8 kilometer, di Rengat 6 km, di Kota Dumai 6 km, sedangkan di Pelalawan jarak pandang mencapai 6 km. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Umum
wwwwww